Pages

Mengenai Saya

Foto saya
Purwokerto, Jawa Tengah, Indonesia
Menjadi guru adalah salah satu anugerah yang terindah bagi saya, Allah Yang Maha Kuasa memberi kesempatan diri saya untuk belajar dan berkarya. bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain. Asa ke depan tetap berkarya dan berkarya walau usia semakin senja. Mudah-mudahan Allah meridhoi.Amin

Slide

11/10/11

PEMBIASAN IPS TERPADU JENJANG LANJUT DI KABUPATEN BANYUMAS

Posted by Saptari Dharma Wijayanti on 13.11 0 komentar

PROGRAM PENGIMBASAN HASIL DIKLAT IPS SMP JENJANG LANJUT P4TK MALANG
(KOTA BATU  JAWA TIMUR)
DI KABUPATEN BANYUMAS

          Diklat IPS SMP Jenjang Lanjut tahun 2011 telah dilaksanakan tanggal 15 Juli s.d 28 Juli 2011 di Kota Batu Jawa Timur. Jumlah peserta yang diundang   40 orang yang berasal dari peserta diklat jenjang  dasar angkatan 2009 sebanyak 23 orang dan dari angkatan 2010 sebanyak  17 orang. Namun jumlah peserta yang hadir hanya sebanyak 33 orang, karena ada 2 orang  telah dipanggil oleh Allah SWT, dan ada peserta lain yang dalam waktu bersamaan sedang mengikuti kegiatan PLPG di daerah masing-masing.
          Pengimbasan hasil diklatnas IPS Jenjang Lanjut 2011 hukumnya wajib dilaksanakan oleh seluruh peserta Diklat IPS jenjang lanjut tahun 2011. Untuk peserta Jenjang Lanjut diharapkan dapat mengimbaskan di sekolah sendiri dan di sekolah lingkungan terdekat. Namun demikian tidak semua peserta merasa optimis akan dapat mengimbaskan semua hasil yang telah diperoleh dari diklat, karena belum semua pihak yang terkait memahami sepenuhnya tentang keharusan pelaksanaan IPS Terpadu di sekolah.    Sebagai contoh  penulis telah melaksanakan pengimbasan hasil diklat jenjang lanjut di lingkungan komda 03 Kabupaten Banyumas tanggal 22 September 2011, dengan jumlah peserta yang hadir dari 14 sekolah terdekat sebanyak 29 orang.  Pada kegiatan awal pengimbasan yang ditanyakan peserta adalah payung hukum pelaksanaan, kebijakan dari atasan, dan lain-lain, yang intinya masih meragukan akan dapat terlaksananya IPS Terpadu di sekolah. Semua yang diragukan dan ditanyakan peserta adalah hal yang sangat wajar, karena untuk dapat memahami IPS terpadu tidak semudah seperti membalik telapak tangan. IPS Terpadu merupakan ilmu baru, dan untuk mengubah konsep lama dari pembelajaran “IPS Terpadu yang belum Terpadu”  bukanlah hal yang mudah, karena dihadapkan pada kondisi untuk merubah kenyamanan dan kebiasaan yang telah lama berlangsung. Namun demikian tugas peserta diklat  hanyalah mengimbaskan apa yang telah diperoleh, dan untuk pelaksanaan selanjutnya diserahkan sepenuhnya  kepada seluruh teman masing-masing.
          Hari senin, tanggal 9 Oktober 2011, penulis mendapat telepon dari Bapak Amin Hidayat,M.Pd selaku pengawas IPS Kabupaten Banyumas, supaya datang di dinas Kabupaten Banyumas. Ternyata penulis diajak berdiskusi dengan beliau dan Bapak Prihantoro,M,Pd, tentang pelaksanaan IPS Terpadu  di Kabupaten Banyumas. Dari hasil pertemuan tersebut dapat dikatakan sebagai angin segar sekaligus motivator yang sangat penting bagi diri penulis untuk dapat mengimbaskan IPS Terpadu di kabupaten Banyumas. Bapak pengawas telah menyatakan bersedia membackup dan mendampingi diri penulis untuk dapat mengimbaskan tentang IPS Terpadu. Beliau mengatakan pelaksanaan IPS Terpadu bukan lagi dalam tataran melaksanakan atau tidak, tetapi sudah merupakan hal yang harus dilaksanakan oleh semua guru IPS, karena pada tahun 2013 untuk PKG IPS, yang dinilai adalah pelaksanaan pembelajaran IPS terpadu. 
          Hari selasa, kami bertemu  lagi dengan Bapak pengawas dan pengurus MGMP IPS serta pengurus MGMP IPA Kabupaten Banyumas untuk berdiskusi tentang teknis pelaksanaan sosialisasi IPS Terpadu dan IPA Terpadu di kabupaten Banyumas.  Untuk IPS ke  depan sudah  diawali dengan pembentukan Tim khusus, yang diharapkan akan dapat untuk menyukseskan program sosialisasi IPS Terpadu, dan  dapat menghasilkan produk IPS Terpadu untuk  Kabupaten banyumas, sekaligus sebagai bahan sosialisasi di kluster-kluster  IPS se  wilayah Kabupaten Banyumas. Kamis minggu depan, tanggal 18 Oktober  penulis diharapkan dapat mengimbaskan tentang IPS Terpadu  kepada seluruh anggota tim IPS Terpadu kabupaten,  dan hari  berikutnya dilanjutkan dengan penyusunan pemetaan KD, Penyusunan bahan Ajar, Silabus, skenario pembelajaran dan RPP IPS Terpadu..  Ada pesan penting dari Bapak Prihantoro, M.Pd. kepada diri penulis, bahwa diharapkan  penulis dapat mewarnai  IPS Terpadu di kabupaten Banyumas. Suatu kehormatan sekaligus beban bagi diri penulis untuk dapat melaksanakan pesan tersebut. Semoga Allah melindungi, membimbing, memberi hidayah, dan memberikan kemudahan bagi diri penulis untuk dapat menjalankan tugas dengan baik.Amin




0 Responses so far:

Leave a Reply