Rangkuman Hasil Diklat IPS Terpadu Jenjang Lanjut
Di PPPPTK, Batu, Jatim 15 Juli s.d 28 Juli 2011
1.
IP IPS Terpadu
IP IPS Terpadu
a. Tujuan Pembelajaran IPS
Mengembangkan potensi Peserta Didik agar peka terhadap masalah sosial yang terjadi di masyarakat, memiliki sikap mental positif terhadap perbaikan segala ketimpangan yang terjadi dan melatih ketrampilan untuk mengatasi setiap masalah yang terjadi sehari-hari baik yang menimpa diri sendiri atau masyarakat
b. Karakteristik IPS
Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan gabungan dari unsur-unsur geografi, sejarah, ekonomi, hukum dan politik, kewarganegaraan, sosiologi, bahkan juga bidang humaniora, pendidikan dan agama (Numan Soemantri, 2001).
Kompetensi Dasar IPS berasal dari struktur keilmuan geografi, sejarah, ekonomi, hukum dan politik, sosiologi, yang dikemas sedemikian rupa sehingga menjadi pokok bahasan atau topik tertentu. Kompetensi Dasar IPS juga menyangkut berbagai masalah sosial yang dirumuskan dengan pendekatan interdisipliner dan multidisipliner.
c. Dimensi IPS Dalam kehidupan Manusia
Dimensi dalam kehidupan manusia | Ruang | Waktu | Nilai/Norma |
Area dan substansi pembelajaran | Alam sebagai tempat dan penyedia potensi sumber daya | Alam dan kehidupan yang selalu berproses, masa lalu, saat ini, dan yang akan datang | Kaidah atau aturan yang menjadi perekat dan penjamin keharmonisan kehidupan manusia dan alam |
Contoh Kompetensi Dasar yang dikembangkan | Adaptasi spasial dan eksploratif | Berpikir kronologis, prospektif, antisipatif | Konsisten dengan aturan yang disepakati dan kaidah alamiah masing-masing disiplin ilmu |
Alternatif penyajian dalam mata pelajaran | Geografi | Sejarah | Ekonomi, Sosiologi/Antropologi |
d. Karakteristik Materi IPS
Meliputi : Fakta, Konsep,Prinsip, dan Prosedur
e. Ruang Lingkup materi IPS
· Manusia, Tempat dan Lingkungan
· Waktu, Keberlanjutan dan Perubahan
· Sistem Sosial dan Budaya
· Perilaku Ekonomi dan Kesejahteraan
f. Pendekatan Pembelajaran IPS Terpadu
· Integrated
· Connected/Corelated
· Sequenced
· Shared
· Webbed
g. Pendekatan pembelajaran IPS Integrated
Model integrated merupakan model keterpaduan yang mana suatu tema merupakan topik-topik yang beririsan dan tumpang tindih dari bidang-bidang keilmuan, ada 3 dasar:
1) berdasarkan topik/ tema
2) berdasarkan potensi utama
3) berdasarkan permasalahan
h. Pendekatan pembelajaran IPS Connected
Keterpaduan connected atau correlated merupakan keterpaduan yang mana tema berangkat dari satu KD/materi atau masalah kemudian dicari hubungan dengan KD/materi/aspek yang lain.
Pembelajaran terpadu model connected dilakukan dengan mengaitkan satu KD atau satu pokok bahasan dengan KD atau pokok bahasan yang lain atau mengaitkan satu konsep dengan konsep lain.
i. Implikasi Pembelajaran IPS Terpadu
1) Bagi Guru :
· IPS merupakan satu mata pelajaran
· guru dapat merancang skenario pembelajaran sesuai dengan topik yang ia kembangkan dengan tanpa konsolidasi terlebih dahulu dengan guru yang lain
· Mata pelajaran IPS terpadu merupakan hal yang baru, sehingga sangat sulit untuk melakukan penggabungan terhadap berbagai bidang studi tersebut
· seorang guru bidang studi geografi tidak menguasai secara mendalam tentang sejarah dan ekonomi sehingga dalam pembelajaran IPS terpadu akan didominasi oleh bidang studi geografi demikian pula guru bidang studi yang lain
· jika skenario pembelajaran tidak menggunakan metode yang inovatif maka pencapaian Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar tidak akan tercapai karena akan menjadi sebuah narasi yang kering tanpa makna.
· Koordinasi antarbidang studi yang tercakup dalam mata pelajaran IPS tetap dilakukan, untuk mereviu apakah skenario yang disusun sudah dapat memenuhi persyaratan yang berkaitan dengan bidang studi di luar yang ia mampu.
· Disusun skenario dengan metode pembelajaran yang inovatif
· Persiapan pembelajaran disusun dengan matang sesuai dengan target pencapaian Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar sesuai dengan topik yang dihasilkan dari pemetaan yang telah dilakukan.
2) Bagi Siswa
Mengembangkan kreativitas akademik,mempermudah dan memotivasi siswa untuk mengenal, menerima, menyerap dan memahami keterkaitan antara konsep/ pengetahuan, nilai/tindakan yang terdapat dalam kompetensi dasar dan beberapa indikator.
3) Bahan Ajar
Guru dituntut untuk rajin dan kreatif mencari dan mengumpulkan bahan –bahan yang diperlukan dalam pembelajaran . Bahan ajar IPS Terpadu diperoleh dari: Lingkungan sosial, alam, peristiwa, media massa.
4) Sarana dan Prasarana
Guru harus memilih secara jeli terhadap penggunaan media supaya dapat digunakan dan dimanfaatkan oleh berbagai bidang studi yang terkait.
j. Langkah-langkah pengintegrasian
1) Pemetaan Kompetensi Dasar
2) Penentuan topik/tema
3) Penjabaran (perumusan) Kompetensi Dasar ke dalam indikator sesuai topik/tema
4) Pengembangan Silabus
5) Penyusunan desain/rencana pembelajaran
Leave a Reply