Pages

Mengenai Saya

Foto saya
Purwokerto, Jawa Tengah, Indonesia
Menjadi guru adalah salah satu anugerah yang terindah bagi saya, Allah Yang Maha Kuasa memberi kesempatan diri saya untuk belajar dan berkarya. bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain. Asa ke depan tetap berkarya dan berkarya walau usia semakin senja. Mudah-mudahan Allah meridhoi.Amin

Slide

09/04/11

RPP

Posted by Saptari Dharma Wijayanti on 06.59 0 komentar

RENCANA PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN



SMP / MTs                  :  SMP N 1 KARANGLEWAS
Mata Pelajaran            :  Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester          : VIII / I
Standar Kompetensi   : 1. Memahami permasalahan sosial berkaitan dengan
                                          pertumbuhan jumlah penduduk.                                       
Kompetensi Dasar       : 1.1. Mendeskripsikan kondisi fisik wilayah dan penduduk.
Indikator                     :
·         Menunjukkan letak geografis (posisi geografis, letak geografis Indonesia).
·         Menganalisis hubungan posisi geografis dengan perubahan musim di Indonesia.
·         Mengidentifikasi penyebab terjadinya perubahan musim dan menentukkan bulan berlangsungnya musim hujan dan musim kemarau di wilayah Indonesia.
·         Menyajikan informasi persebaran flora dan fauna tipe Asia, tipe Australia serta kaitannya dengan pembagian wilayah Wallacea dan Weber.
·         Mendeskripsikan persebaran jenis tanah dan pemanfaatannya di Indonesia.
Alokasi                        : 6 jam pelajaran ( 3 x pertemuan )
A.    Tujuan Pembelajaran         :
Setelah mempelajari materi siswa diharapkan mampu :
  1. Melalui observasi siswa dapat menunjukkan letak geografis Indonesia (posisi geografis, letak geografis Indonesia)
  2. Melalui tanya jawab siswa dapat menganalisis hubungan posisi geografis dengan perubahan musim di Indonesia.
  3. Melalui observasi siswa dapat mengidentifikasi penyebab terjadinya perubahan musim dan menentukkan bulan berlangsungnya musim hujan dan musim kemarau di wilayah Indonesia.
  4. Melaui tanya jawab siswa dapat menjelaskan informasi persebaran flora dan fauna tipe Asia, tipe Australia serta kaitannya dengan pembagian wilayah Wallaua dan Weber.
  5. Melalui diskusi siswa dapat mendeskripsikan persebaran jenis tanah pemanfaatannya di Indonesia.

B.     Materi Pembelajaran         :
  1. Letak geografis Indonesia (posisi geografis, letak geografis)
Ø  Posisi geografis Indonesia berdasarkan batas – batas negaranya adalah sebagi berikut
o Disebelah utara, Indonesia berbatasan dengan negara Malaysia, Singapura, Filipina, Selat Malaka, Selat Singapura, Laut cina Selatan, Laut Sulawesi & Samudra Pasifik.
o Disebelah Barat berbatsan dengan Samudra Hindia
o Disebelah selatan berbatasan dengan negara Australia, Laut Timor, Timor leste & Laut Arafura
o Disebelah timur berbatasan dengan negara Papua Nugini & Samudra Pasifik
Ø  Letak geografis
adalah letak suatu negara dilihat dari kenyataan di permukaan bumi
Ø  Letak Astronomis
adalah letak suatu daerah berdasarkan garis – garis bujur dan garis-garis lintang. Indonesia berada pada 60C – 110C dan 95°C – 141°C. Indonesia paling utara di pulau Weh, wilayah paling selatan di pulau Roti, wilayah paling barat di ujung pulau Sumatra dan wilayah paling timur di kota Meraoke.
Ø  letak Geologis
adalah letak suatu daerah / Negara berdasarkan keadaaan batu-batuan yang terdapat pada tubuh bumi

  1. Kaitan letak geografis dengan iklim dan waktu di Indonesia.
Terjadinya perubahan musim ini disebabkan oleh terjadinya peredaran semu matahari setiap tahun ( gerakan semu matahari dari khatulistiwa menuju garis lintang balik utara 231/2° LU, kembali ke khatulistiwa dan bergeser menuju ke garis lintang balik selatan 231/2° LS dan kembali lagi ke khatulistiwa )

  1. Musim Indonesia.
o   Angin Muson Barat terjadi pada bulan oktober sampai april ( bertiupnya angin dari Asia ke Australia sehingga terjadi musim penghujan )
o   Angin Muson Timur terjadi pada bulan april sampai oktober ( bertiupnya angin dari Australia ke Asia sehingga terjadi musim kemarau )

  1. Persebaran flora dan fauna tipe Asia, tipe Australia serta kaitannya dengan pembagian wilayah Wallacea dan Weber.
Factor yang mempengaruhi persebaran flora ( tumbuhan ) dan fauna ( hewan ) adalah
o   Factor bentang alam / relief tanah
o   Factor manusia
o   Factor iklim ( curah hujan,temperature udara,kelembaban udara & angin )
o   Factor tanah
 Jenis hutan di Indonesia ( hutan bakau, hutan rawa, hutan musim, hutan hujan tropis, hutan sabana dan hutan lumut )
Ada 3 tipe fauna di Indonesia
o   Fauna Asiatic di Indonesia bagian barat
o   Fauna Peralihan di Indonesia bagian tengah
o   Fauna Australis di Indonesia bagian timur
Garis wallacea adalah garis yang memisahkan wilayah fauna asiatis dengan wilayah peralihan.
Garis weber adalah garis yang memisahkan wilayah fauna peralihan dengan wilayah Australis.

  1. Persebaran jenis tanah di Indonesia, pemanfaatan berbagai jenis tanah di Indoensia.
Tanah adalah lapisan bagian permukaan bumi yang merupakan hasil pelapukan dan pengendapan batu-batuan yang sudah bercampur dengan sisa – sisa tumbuh – tumbuhan, air, udara dan jasad-jasad hidup.
Jenis – jenis tanah di Indonesia adalah :
o   Tanah vulkanik / tanah regosol ( tanah yang subur baik untuk pertanian, tanaman palawija, tembakau dan buah – buahan )
o   Tanah Aluvial / tanah endapan ( tanah berpasir baik untuk tanaman padi, palawija tembakau, rebu, kelapa dan buah – buahan )
o   Tanah humus ( tanah yang sangat subur baik untuk pertanian, tanaman kelapa, nanas dll )
o   Tanah gambut ( hasil pengeringan rawa )
o   Tanah laterit ( tanah kurang subur / tandus baik untuk tanaman kelapa dan jambu mete )
o   Tanah podsol ( tanah kurang subur baik untuk tanaman kelapa  dan jambu mete )
o   Tanah litosol ( tanah kurang subur baik untuk pohon –pohon besar di hutan )
o   Tanah mediteran ( tanah kapur merah cocok untuk tanaman palawija, tembakau, jati dan jambu mete )
o   Tanah renzina ( tanah kapur hitam yang kurang unsure haranya )

C.     Metode Pengajaran           :
1.                              Ceramah bervariasi
2.                              Diskusi
3.                              Tanya Jawab
4.                              Observasi/Pengamatan

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :
Pertemuan I          
Indicator  : Menunjukkan letak geografis (posisi geografis, letak geografis Indonesia).

No
Kegiatan belajar mengajar
Waktu
1





2











3
Kegiatan awal
  1. Apersepsi : Pernahkan kamu memperhatikan tentang posisi  Indonesia secara geografis di peta ? 
  2. Motivasi  :
    • Mengapa letak Indonesia strategis?
    • Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
Kegiatan inti
  1. Eksplorasi dan elaborasi
1.      Guru minta siswa untuk memperhatikan peta.
2.      Siswa menyebutkan letak geografis dan letak astronomis Indonesia.
3.      Siswa menyebutkan pengaruh letak geografis bagi bangsa Indonesia
4.      Guru melakukan Tanya jawab tentang letak geografis Indonesia dan juga pengaruhnya terhadap kehidupan bangsa Indonesia
  1. Konfirmasi
1.            Guru dan siswa menyimpulkan bersama tentang letak geografis Indonesia
2.             Guru menjelaskan tentang posisi geografis dan letak geografis Indonesia
Kegiatan penutup
  1. Guru meminta salah satu siswa untuk memberikan refleksi
  2. Guru memberikan tugas individu kepada setiap individu dan memberi tugas untuk membaca materi di rumah

10 menit







10 menit
10 menit
15 menit
15 menit


10 menit




10 menit


Pertemuan ke 2
Indikator :
·                                                                           Menganalisis hubungan posisi geografis dengan perubahan musim di Indonesia.
  • Mengidentifikasi penyebab terjadinya perubahan musim dan menentukkan bulan berlangsungnya musim hujan dan musim kemarau di wilayah Indonesia

No
Kegiatan belajar mengajar
Waktu
1





2









3
Kegiatan awal
  1. Apersepsi :
- sebutkan letak geografis Indonesia.
- sebutkan letak astronomis Indonesia.
                  - musim di Indonesia di bedakan dan sebutkan. 
2.   Motivasi  : Apakah kalian melihat cuaca hari ini ?
Kegiatan inti
a.   Eksplorasi dan elaborasi
  1. Guru minta siswa untuk memperhatikan peta.
  2. Siswa menunjukkan perubahan musim.
  3. Guru menjelaskan kaitan letak geografis dengan iklim dan waktu.
  4. Siswa menyimpulkan penjelasan guru.
  5. Guru memberikan pertanyaan pada siswa dengan berdiskusi interaktif.
b.Konfirmasi
Guru meminta siswa untuk menyimpulkan tentang cuaca yang sedang terjadi
Kegiatan penutup
1.                  Melakukan tes/pertanyaan yang berhubungan dengan materi di atas.
2.                  Memberikan tugas individu.
                                   
10 menit






5 menit
10 menit
10 menit
10 menit
15 menit


10 menit

10 menit

     
Pertemuan III
Indicator :
  • Menyajikan informasi persebaran flora dan fauna tipe Asia, tipe Australia serta kaitannya dengan pembagian wilayah Wallacea dan Weber.
  • Mendeskripsikan persebaran jenis tanah dan pemanfaatannya di Indonesia.

           
Kegiatan belajar mengajar
Waktu
1






2












3
Kegiatan awal
  1. Apersepsi :
-          Menanyakan topik pelajaran pada pertemun yang lalu
-          Memberikan pertanyaan siapa yang gemar menanam tanaman hias
2 .Motivasi  :
- Dengan memperlihatkan contoh gambar berbagai flora dan fauna.
Kegiatan inti
  1. Eksplorasi dan elaborasi
-          Guru meminta siswa untuk memperhatikan peta tentang persebaran flora dan fauna tipe Asia, Peralihan dan Australis
-          Siswa menentukan persebaran flora dan fauna tipe Asia, Peralihan dan Australis kaitannya dengan pembagian wilayah Wallacea dan webber.
-          Guru meminta siswa untuk mengamati persebaran jenis tanah di Indonesia.
-          Tanya jawab tentang jenis – jenis tanah di masing – masing pulau beserta pemanfaatannya
  1. Konfirmasi
Guru dan siswa menyimpulkan bersama tentang persebaran flora dan fauna di Indonesia serta jenis-jenis tanah di Indonesia
Kegiatan penutup
1.   Guru meminta salah satu siswa untuk memberikan refleksi
2. Guru memberikan tugas individu kepada setiap individu dan memberi tugas untuk membaca materi di rumah

10 menit








10 menit


15 menit

5 menit

20 menit


10 menit

10 menit



E.     Sumber Belajar.
1.            Peta
2.            Buku paket IPS terpadu 2A klas VIII Yudistira
3.            Buku Galeri Pengetahuan Sosial Terpadu bse
4.            Buku Khasanah IPS
5.            gambar jenis flora dan fauna

F.      Penilaian Hasil Belajar
a.                               Tehnik penilaian
a.       Tes tertulis
b.      Unjuk kerja
c.       penugasan
b.                              Bentuk Instrumen
a.       Tes uraian
b.      Rubrik tugas
c.       PR
d.      Lembar diskusi



Karanglewas 12 Juli 2010.
Mengetahui
Kepala Sekolah                                               Guru Mapel





Slamet.S.PD,M.Pd.                                         Dra. Saptari DW
Pembina                                                          NIP 19630921 20012 2 001
NIP 19660102 199003 1 007














  1. Soal Uraian
1.      Jelaskan letak geografis wilayah Indonesia !
2.      Jelaskan kaitan posisi geografis dengan perubahan musim di Indonesia !
3.      Jelaskan bulan – bulan berlangsungnya musim hujan dan kemarau di Wilayah Indonesia
4.      Tuliskan 3 contoh fauna tipe Australia !
5.      Tuliskan 3 jenis tanah dan pemanfaatannya.

Kunci jawaban
1.      Berdasarkan letak geografisnya Indonesia berada diantara 2 benua yaitu Benua Asia dan Australia dan terletak diantara 2 samudra yaitu Samudra Hindia dan Samudra Pasifik
2.      Kaitan posisi geografis dengan perubahan musim di Indonesia adalah posisi geografis Indonesia yang diapit 2 benua  ( Asia dan Australia ) telah menyebabkan wilayah Indonesia mengalami perubahan musim setiap 6 bulan sekali atau yang disebut angina muson / angina musim. Angin muson barat menjadikan Indonesia mengalami musim penghujan dan angin muson timur menjadikan Indonesia mengalami musim kemarau. 
3.      Bulan – bulan terjadinya musim kemarau adalah antara bulan April sampai Oktober dan musim penghujan yang berlangsung antara bulan Oktober sampai April
4.      3 contoh fauna tipe Australis : kangguru, koala dan cendrawasih ( jenis burung – burungan )
5.      3 jenis tanah (1) Tanah Vulkanik di sebut juga tanah regosol adalah tanah hasil pelapukan  abu vulkanik atau abu kepundan. (2) Tanah Aluvial di sebut juga tanah endapan adalah tanahhasil erosi yang di endapkan  di daerah-daerah dataran rendah, (3) Tanah Humus adalah tanah hasil pembusukan bahan-bahan organik  dan bersifat sangat subur.

Penilaian :
Setiap jawaban benar skor 2


  1. Rubrik tugas

no
Keterangan
Fauna Asiatis
Fauna Peralihan
Fauna Australis
1.
Ciri – ciri



2.
Contoh –contoh



3.
Daerah persebaran




Keterangan :
Jawaban benar semua                    : nilai 100
Jawaban mendekati benar             : nilai 80 – 90
Jawaban kurang benar                   :  nilai 70 – 79
Jawaban salah                               :  nilai 60 – 69


  1. Lembar diskusi
Soal diskusi
1.      Bagaiamana pengaruh letak geografis Indonesia  terhadap kehidupan ekonomi,social dan  budaya masyarakat
2.      Jelaskan terjadinya musim hujan dan musim kemarau di Indonesia
3.      Jelaskan perbedaan fauna asiatik, peralihan dan australis
4.      Jelaskan yang dimaksud garis weber dan garis wallacea
5.      Sebut dan jelaskan jenis-jenis tanah yang terdapat di Indonesia beserta pemanfaatannya.

Penilaian
1.      Penilain Proses
Lembar penilaian proses
NO
NAMA
SKOR
KET
1
2
3
4
5
6
JUMLAH














KETERANGAN
1.      Inisiatif
2.      Kerjasama
3.      Kemampuan mengemukakan ide
4.      Disiplin
5.      Dinamisasi
6.      Kepemimpinan

2.      Penilaian hasil belajar
Tes tertulis
1.      Bagaiamana pengaruh letak geografis Indonesia  terhadap kehidupan ekonomi,social dan  budaya masyarakat
2.      Jelaskan terjadinya musim hujan dan musim kemarau di Indonesia
3.      Jelaskan perbedaan fauna asiatik, peralihan dan australis
4.      Jelaskan yang dimaksud garis weber dan garis wallacea
5.      Sebutkan jenis tanah yang  banyak terdapat di Indonesia beserta pemanfaatannya.

Kunci jawaban
1.      Pengaruh letak georgafis Indonesia terhadap keadaan :
a.       Ekonomi : sebagai daerah transit perdagangan internasional
b.      Sosial    : penjajahan oleh bangsa asing
c.       Budaya : masuknya kebudayaan asing ke Indonesia
2.      Terjadinya musim hujan di Indonesia karena bertiupnya angina muson barat yang membawa uap air dari lautan pasifik ke benua Australia. Terjadinya musim kemarau di Indonesia karena bertiupnya angina muson timur dari benua Australia ke asia yang bersifat kering.
3.      Perbedaan fauna asiatis, peralihan dan australis
-          fauna asiatis          : hewan mamalia, besar-besar dan banyak jenis ikan
-          fauna peralihan      : percampuran antara fauna asiatis dan fauna australis
-          fauna australis       : hewan berkantung dan banyak jenis burung-burungan
4.      Yang dimaksud garis wallacea adalah garis yang membatasi wilayah antara fauna asiatis dengan fauna peralihan
yang dimaksud garis weber adalah garis yang membatasi wilayah antara fauna peralihan dengan fauna australis
5.      Jenis-jenis tanah di Indonesia
-          Tanah vulkanik baik untuk pertanian, perkebunan dan kehutanan
-          Tanah kapur digunakan untuk tanaman keras
-          Tanah humus baik untuk pertanian, perkebunan, kehutanan
-          Tanah gambut  tidak cocok untuk pertanian






































0 Responses so far:

Leave a Reply