Silabus
Sekolah : SMP NEGERI 1KARANGLEWAS.
Kelas : VIII (delapan)
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Semester : 1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. memahami permasalahan sosial berkaitan dengan pertumbuhan jumlah penduduk.
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
1.1 Mendeskripsikan kondisi fisik wilayah dan penduduk | Letak geografis Indonesia (posisi geografis dan letak geografis). Kaitan letak geografis dengan iklim dan waktu di Indonesia. Musim di Indonesia. Persebaran flora dan fauna Indonesia dan kaitannya dengan pembagian wilayah Wallacea dan Weber. Persebaran jenis tanah di Indonesia. Pemanfatan berbagai jenis tanah di Indonesia. | Mengamati peta tentang posisi geografis dan letak geografis Indonesia. Tanya jawab tentang kaitan letak geografis dengan iklim di Indonesia. Mengkaji kaitan letak geografis dengan waktu dan perubahan musimdi Indonesia. Membuat peta persebaran flora dan fauna Indonesia. Mengamati peta tentang persebaran jenis tanah di Indonesia. Diskusi tentang pemanfaatan berbagai jenis tanah di Indonesia. | · Menunjukkan letak geografis (posisi geografis, letak geografis) Indonesia. · Menganalisis hubungan posisi geografis dengan perubahan musim di Indonesia. · Mengidentifikasi penyebab terjadinya perubahan musim dan menentukan bulan berlangsungnya musim hujan dan musim kemarau di wilayah Indonesia. · Menyajikan informasi persebaran flora dan fauna tipe Asia, tipe Australia serta kaitannya dengan pembagian wilayah Wallacea dan Weber. · Mendeskripsikan persebaran jenis tanah dan pemanfaatannya di Indonesia. | Tes tulis Tes tulis Penugasan Tes tulis Penugasan | Tes Uraian Tes Uraian Tugas rumah Pilihan ganda Tugas rumah | Sebutkan letak lintang dan bujur wilayah Indonesia? · Jelaskan kaitan posisi geografis dengan perubahan musim di Indonesia. Buatlah peta pola angin muson di Indonesia! Contoh fauna Asiatis antara lain …. a. kuskus dan cendrawasih b. badak dan harimau c. banteng dan komodo d. anoa dan babirusa Buatlah daftar jenis tanah di Indonesia dan pemanfaatannya. | 6 JP | Peta Indonesia Atlas Peta pembagian wilayah waktu di Indonesia. Peta angin muson di Indonesia. Peta pembagian wilayaf flora dan fauna Indonesia. Peta persebaran jenis tanah di Indonesia. LKS Buku Geografi yang relevan. |
1.2 Mengidentifikasi permasalahan kependudukan dan upaya penanggulangannya | - - Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk. - Angka kelahiran dan angka kematian serta cara menghitungnya. - - Faktor penunjang kelahiran dan kematian. - Kepadatan penduduk dan cara menghitungnya. - Piramida penduduk - - Cara menghitung sex ratio dan beban ketergantungan. - - Angka usia harapan hidup. - - Ledakan penduduk dan upaya mengatasinya. - Membuat peta, tabel dan grafik kependudukan. - Jenis-jenis migrasi dan faktor penyebabnya. - - Dampak positif dan negatif migrasi dan usaha penanggulangan dampak negatif migrasi. | · Diskusi tentang faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk. · Tanya jawab tentang angka kelahiran dan kematian. · Diskusi tentang faktor penunjang dan penghambat kelahiran dan kematian. · Menghitung kepadatan penduduk dan mengamati peta dan tabel kepadatan penduduk Indonesia. · Membuat macam-macam bentuk piramida penduduk. · Menghitung sex ratio dan beban ketergantungan. · Tanya jawab tentang usia harapan hidup. · · Diskusi tentang dampak dan upaya penanggulang an ledakan penduduk. · Mengamati dan tanya jawab tentang tabel kependudukan. · Membuat grafik dan peta kependudukan. · · Tanya jawab tentang jenis-jenis migrasi dan faktor penyebabnya. · Diskusi tentang dampak dan usaha penanggulangan migrasi. | · Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk (kelahiran dan kematian). · Mendesripsikan arti dan ukuran angka kelahiran dan angka kematian. · Mengdentifikasi faktor-faktor pendorong dan penghambat kelahiran dan kematian. · Membandingkan tingkat kepadatan penduduk tiap-tiap propinsi dan pulau di Indonesia · Mendeskripsikan kondisi penduduk Indonesia berdasarkan piramida penduduknya. · · Menghitung angka perbandingan laki-laki perempuan (sex ratio) dan beban ketergantungan, serta mengartikan angka tersebut. · Mengartikan angka Usia Harapan Hidup. · Mendeskripsikan berbagai dampak ledakan penduduk dan upaya mengatasinya. · Menyajikan informasi kependudukan dalam bentuk peta, tabel, dan grafik. · Mengidentifikasi jenis-jenis migrasi dan faktor penyebabnya. · Menganalisis dampak positif dan negatif migrasi serta usaha penanggulangannya. | Tes tulis Tes tulis Tes tulis Tes unjuk kerja Tes tulis Te s tertulis Tes tulis Tes tulis Tes unjuk kerja Tes penugansan Tes tulis | Tes Uraian Tes Uraian Tes Uraian Uji petik kerja produk Tes Uraian Tes Uraian Tes Uraian Tes Uraian Produk Proyek Tes Uraian | Sebutkah faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk alami! Angka kelahira suatu daerah adalah 34. apa artinya? Sebutkat 4 faktor penunjang kelahiran! Buatlah peta kepadatan penduduk antar propinsi diIndonesia! Jelaskan ciri-ciri piramida penduduk limas! Jika di suatu daerah jumlah penduduk laki-laki 100 dan jumlah penduduk perempuan 120, berapakah sex rationya? Angka Usia Harapan Hidup suatu negara adalah 65. Apa artinya? Jelaskan upaya mengatasi ledakan penduduk! Buatlah grafik perkembangan jumlah penduduk di daerahmu pada lima tahun terakhir! Carilah data penduduk yang datang dan yang pergi di daerahmu setiap bulan selama satu tahun! Jelaskan dampak negatif urbanisasi bagi daerah tujuan! | 8 JP | Peta Indonesia Atlas Peta persebaran penduduk di Indonesia. Gambar-gambar yang relevan. LKS Buku Geografi yang relevan. |
1.3 Mendeskripsikan permasalahan lingkungan hidup dan upaya penanggulangannya dalam pembangunan berkelanjutan | · Lingkungan hidup dan pelestariannya : - Unsur-unsur lingkungan abiotik, biotik, dan sosial budaya. - - Arti penting lingkungan bagi kehidupan. - - Bentuk kerusakan lingkungan hidup dan faktor penyebabnya. - - Usaha pelestarian lingkungan hidup - Hakekat pembangunan berkelanjutan. - Ciri-ciri pembangunan berkelanjutan. - Penerapan pembangunan berkelanjutan di wilayah sekitar. | · · · · Tanya jawab tentang lingkungan hidup dan unsur-unsurnya. · Tanya jawab tentang arti penting lingkungan bagi kehidupan. · · · Diskusi tentang kerusakan lingkungan hidup dan faktor-faktor penyebabnya. · Diskusi tentang usaha pelestarian lingkungan hidup. · Membaca buku sumber tentang hakekat pembangunan yang berkelanjutan. · Membaca buku sumber tentang ciri-ciri pembangunan berkelanjutan. · Mengamati usaha pembangunan berkelanjutan di wilayah sekitarnya. | · Mengidentifikasi unsur-unsur lingkungan (unsur abiotik, unsur biotik, sosial budaya) · Menafsirkan arti penting lingkungan bagi kehidupan. · Mengidentifikasi bentuk-bentuk kerusakan lingkungan hidup dan faktor penyebabnya. · Memberi contoh usaha pelestarian lingkungan hidup. · Menafsirkan hakekat pembangunan berkelanjutan. · Mengidentifikasi ciri-ciri pembangunan berkelanjutan. · Mengidentifikasi penerapan pembangunan berkelanjutan. | Tes lisan Tes tulis Tes unjuk kerja Tes tulis Tes tulis Tes tulis Observasi | · · · ·Daftar pertanyaan Tes Uraian ·Produk Tes Uraian Tes Uraian Uraiakan Panduan observasi. | · · · · Sebutkan 3 unsur lingkungan hidup. Jelaskan manfaat hutan bagi kehidupan! · Buatlah kliping berupa gambar atau baerita dari media cetak masing-masing 5 buah tentang keruskan lingkungan alam yang disebabkan oleh: alam dan manusia. · · Berilah contoh usaha untuk melestarikan daerah aliran sungai! Jelaskan yang dimaksud dengan pembangunan berkelanjutan. Sebutkan 4 ciri pembangunan berkelanjutan. · Amatilah wilayah sekitar kamu dan buatlah laporan tentang penerapan pembangunan berkelanjutan tersebut ! | 8 JP | |
1.4 Mendeskripsikan permasalahan kependudukan dan dampaknya terhadap pembangunan. | · Permasalahan penduduk Indonesia (kuantitas dan kualitas). Dampak dari permasalahan penduduk terhadap pembangunan. | Diskusi tentang permasalahan penduduk (kuantitas dan kualitas). Mencari berita/artikel tentang dampak permasalahan penduduk terhadap pembangunan. | · Menjelaskan permasalahan kuantitas penduduk (kuantitas dan kualitas). · Mengidentifikasi dampak permasalahan penduduk terhadap pembangunan. | Tes tulis Tes tulis | Tes Uraian Tes Uraian | Sebutkan t iga permasalahan utama bidang kependudukan di Indonesia. Jelaskan pengaruh kepadatan penduduk yang tidak merata bagi pembangunan di daerah yang jarang penduduknya. | 4 JP | |
Standar Kompetensi : 2. Memahami proses kebangkitan nasional.
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
2.1 Menjelaskan proses perkembangan kolonialisme dan imperalisme Barat, serta pengaruh yang ditimbulkannya di berbagai daerah | Kebijakan-kebijakan pemerintah, kolonial P engaruh yang ditimbulkan oleh kebijakan –kebijakan pemerintah kolonial di berbagai daerah Bentuk –bentuk perlawanan rakyat dalam menentang kolonialisme Barat diberbagai daerah Daerah-daerah persebaran agama Nasrani | Membaca referensi tentang contoh kebijakan-kebijakan pemerintah kolonial Menelaah pengaruh yang ditimbulkan oleh kebijakan- kebijakan pemerintah kolonial di berbagai daerah dengan diskusi kelompok Menelaah bentuk-bentuk perlawanan rakyat dalam menentang kolonialisme Barat di berbagai daerah dengan membaca referensi dan mengamati gambar Membaca dan membuat peta daerah-daerah persebaran agama Kristiani | · Mengidentifikasi kebijakan-kebijaka pemerintah kolonial · Mengidentifikasi pengaruh yang ditimbulkan oleh kebijakan –kebijakan pemerintah kolonial di berbagai daerah · Mendeskripsikan bentuk-bentuk perlawanan rakyat dalam menentang kolonialisme Barat diberbagai daerah · Mengidentifikasi daerah –daerah persebaran agama Kristiani | Tes tulis Tes tertlis Tes tulis Tes Tulis | Tes Uraian Tes Uraian Tes pilihan ganda Tes Uraian | Uraikan kebijakan yang dikeluarkan pada masa pemerintahan Daendels, Raffles, Sistem Tanam Paksadan sistem Liberalisme Jelaskan pengaruh yang ditimbulkan olh kebijakan –kebijakan pemerintah kolonial diberbagai daerah Penyebab perang Banjar ialah .... a. perebutan kekuasaan di istana b. Belanda campur tangan urusan istana c. Belanda merebut pertambangan batubara d. Belanda menduduki Banjarmasin Sebutkan daerah-daerah yang dipengaruhi agama Kristiani | 6 JP | Buku sumber yang relevan Atlas sejarah Foto dan gambar Musium Masyarakat |
2.2.Mengurai-kan proses terbentuk-nya kesadaran na sional, identitas Indonesia , dan perkem-bangan pergerakan kebangsaan Indonesia | Perkembangan pendidikan Barat dan perkembangan pendidikan Islam terhadap munculnya nasionalisme Indonesia Peranan golongan terpelajar ,profesional dan pers dalam menumbuh kembangkan kesadaran nasional Indonesia Perkembangan pergerakan nasional dari yang bersifat etnik ,kedaerahan ,keagamaan sampai terbentuknya nasinalisme Indonesia Peran manifesto politik 1925 ,Konggres Pemuda 1928 dan Konggres Perempuan Pertama dalam proses pembentukan identitas kebangsaan Indonesia | Membaca buku referensi tentang perkembangan pendidikan Barat dan perkembangan pendidikan Islam terhadap munculnya nasionalisme Indonesia Mensurvei peranan golongan terpelajar ,profesional dan pers dalam mengembangkan wilayah dan lingkungannya kemudian membandingkan dengan peranan golongan terpelajar ,profesionaldan pers pada masa pergerakan nasional Membaca buku referensi tentang perkembangan pergerakan nasional dari yang bersifat etnik ,kedaerahan ,keagamaan sampai terbentuknya nasionalisme Indonesia Menelaah peran manifesto politik 1928,dan Konggres Pemuda 1928,dan Konggres Perempuan Pertama dalam proses pembentukan identitas kebangsaan Indonesia dengan membaca buku referensi dan mengamati gambar | · Menjelaskan pengaruh perluasan kekuasaan kolonial , perkembangan pendidikan Barat ,dan perkembangan pendidikan islam terhadap munculnya nasionalisme Indonesia · Mendiskripsikan peranan golongan terpelajar ,profesional ,dan pers dalam menumbuh kembangkan kesadaran nasional Indonesia · Mendiskripsikan perkembangan pergerakan nasional dari yang bersifat etnik, kedaerahan , keagamaan sampai terbentuknya nasionalisme Indonesia · Mendiskripsikan peran manifesto politik 1925, Konggres Pemuda 1928, dan Konggres Perempuan Pertama dalam proses pembentukan identitas kebangsaan Indonesia | Tes tulis Penugasan Tes tulis Portofolio | Tes pilihan ganda Tugas proyek Tes Uraian Dokumen pekerjaan | Pengaruh pendidikan Barat terhadapbangsa Indonesia ialah.... a.melahirkan golongan terpelajar b.melahirkan tokoh politik c.memunculkan ahli ekonomi d.munculnya golongan anti Belanda Lakukan survei di lingkunganmu tentang peranan golongan terpelajar , profesional dan pers dalam pengembangan wilayah dan lingkunganmu kemudian membandingkan peranan yang sama pada masa pergerakan nasional Sebutkan contoh –contoh organisasi kebangsaan yang bersifat etnik ,kedaerahan dan keagamaan Kumpulkan gambar dari referensi , sumber-sumber yang relefan atau kunjungan musium atau monumen tentang Konggres Pemuda 1928,Konggres Perempuan Pertama dan buatlah rangkuman sebagai laporan | 8 JP | |
Standar Kompetensi : 6. Memahami pranata dan penyimpangan sosial.
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
6.1 Mendeskripsikan bentuk-bentuk hubungan sosial | Bentuk-bentuk hubungan sosial. Faktor-faktor pendorong terjadinya hubungan sosial. Dampak-dampak hubungan sosial. | Diskusi tentang bentuk-bentuk hubungan sosial. Tanya jawab tentang faktor-faktor pendorong terjadinya hubungan sosial. Diskusi tentang dampak-dampak hubungan sosial. | ·Mengidentifikasi bentuk-bentuk hubungan sosial. ·Mengidentifikasi faktor-faktor pendorong terjadinya hubungan sosial. ·Mengidentifikasi dampak-dampak hubungan sosial. | Tes tulis Tes tulis Tes tulis | Tes Uraian Tes Uraian Tes Uraian | Sebutkan bentuk-bentuk hubungan sosial! Sebutkan faktor-faktor pendorong terjadinya hubungan sosial. Jelaskan dampak-dampak terjadinya hubungan sosial! | 6 JP | Gambar-gambar yang relevan LKS Buku sumber yang relevan Media masa |
6.2 Mendeskripsikan pranata sosial dalam kehidupan masyarakat | Pengertian pranata sosial. Fungsi pranata sosial Jenis-jenis pranata sosial. | Tanya jawab tentang pengertian pranata sosial. Diskusi tetang fungsi pranata sosial. Membaca buku sumber tentang jenis-jenis pranata sosial. | · Mendeskripsikan peran pranata keluarga dalam pembentukan kepribadian. · Mengidentifikasi fungsi pranata sosial. · Mengidentifikasi jenis-jenis pranata sosial. | Tes tulis. Tes tulis Penugasan | Tes Uraian Tes Uraian . Tugas rumah | · Jelaskan pengertian pranata sosial! · Sebutkan fungsi pranata sosial! Tulislah pranata-pranata yang berlaku dalam keluargamu! | 6 JP | Gambar-gambar yang relevan LKS Buku sumber yang relevan Media masa |
Standar Kompetensi : 4. Memahami kegiatan pelaku ekonomi di masyarakat
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
4.1. Mendeskripsikan hubungan antara kelangkaan sumber daya dengan kebutuhan manusia yang tidak terbatas | Kelangkaan sumber daya ekonomi Usaha-usaha manusia dalam mengatasi kelangkaan memanfaatkan sumber daya yang langka. Kebutuhan manusia yang tidak terbatas Faktor-faktor penyebab kebutuhan manusia beraneka ragam Menentukan skala prioritas dari berbagai jenis kebutuhan Penger tian dan macam- macam alat pemenuhan kebutuhan | Mendiskusikan arti kelangkaan dan faktorfaktor penyebab terjadinya kelangkaan serta cara mengatasinya Mendiskusikan Usaha-usaha manusia dalam mengatasi kelangkaan memanfaatkan sumber daya yang langka. Mendiskusikan tentang penger- tian dan macam-macam kebutuhan manusia dan faktori-faktor yang mentukan kebutuhan manusia Mendiskusikan faktor-faktor penyebab kebutuhan manusia beraneka ragam Tanya jawab tentang penenuan skala prioritas dari berbagai kebutuhan manusia beraneka ragam Mendiskusikan tentang penger tian dan macam- macam alat pemenuhan kebutuhan | · Mendeskripsikan arti kelangkaan dan faktor-faktor penyebab terjadinya kelangkaan · Mengidentifikasi usaha-usaha manusia dalam mengatasi kelangkaan memanfaatkan sumber daya yang langka untuk berbagai alternatif dalam me menuhi kebutuhan · Mengidentifikasi arti dan jenis kebutuhan · Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kebutuhan manusia beraneka ragam · Menjelaskan penger tian skala prioritas dan menyusun skala prioritas kebutuhan manusia pada umumnya · Mengidentifikas arti dan macam-macam alat pemenuhan kebutuhan | Tes tulis Tes tulis Tes Lisan Penugasan Tes tulis Tes tulis | Tes Uraian Tes pilihan ganda Daftar pertanyaan Pekerjaan Rumah Tes uraian Tes uraian | Jelaskan pengertian kelangkaan Sebutkan faktor-faktor penyebab ter jadinya kelangkaan Makanan, pakaian dan tempat tinggal termasuk kebutuhan ... ,. a. kebutuhan primer b. Kebiutuhan skunder c. kebituan tambahan d. kebutuhan tersier Apa arti kebutuhan ? Berikan contoh kebutuhan yang kamu ketahui! Sebutkan faktor-faktor yang menyebabkan kebutuhan manusia bermacam ragam. Apakah pengertian skala prioritas kebutuhan , berikan contohnya. Sebutkan tiga macam, alat pemenuhan kebutuhan | 6 JP | Guru Ekonomi Buku Materi Lingkungan sekolah Keluarga Lingkungan masyarakat Foto/gambar /buku perpus takaan yang berhubungan dengan sumber daya alam dan sumber daya |
7.2. Men-deskripsi-kan pelaku-pelaku ekonomi dalam sistem perekonomian Indonesia | - Sistem perekonomian Indonesia -Pelaku-pelaku kegiatan per- ekonomi di Indonesia Ciri-ciri utama perekonomi-an Indonesia . Kebaikan dan kelemahan sistem perekonomian Indonesia. | Mendiskusikan Pengertian sistem Perekonomian Tanya jawab tentang macam-macam sistem Perekonomian, kebaikan dan kelemahannya setelah membaca literatur tertentu Membaca buku yg relefan dan menduiskusikan tentang ciri-ciri sistem perekonomian Indonesia. Tanya jawab tentang kebaikan dan kelemahan sistem perekono mian Indonesia. | · Mendeskripsikan arti sistem perekonomian dan macam-macamnya · Mengidentifikasi kebaikan dan kelemahan macam-macam sistem ekonomi · Mengidentifikasi ciri-ciri utama perekonomian Indonesia · Mengidentifikasi kebaikan dan kelemahan sistem perekonomian Indonesia | Tes Tertuis Tes Lisan Penugasan Tes tulis | Tes Uraian Lembar pertanyaan Pekerjaan Rumah Tes uraian | Jelaskan arti sistem perekonomian Sebutkan kebaikan dan kelemahan sistem perekonomian liberal Sebutkan Ciri-ciri sistem perekonomian Indonesia! Sebutkan kebaikan dan kelemahan sistem perekonomian Indonesia | 8 JP | 1. Guru PS Ekonomi 2. Buku Materi |
4.2.Mendistribusikan pelakuku ekonomi : rumah tangga, masyarakat, perusahaan, koperasi, dan negara | Pelaku Ekonomi Peranan dan tujuan tiga sektor usaha formal Pokok-pokok koperaso Indonesia Pendirian usaha koperasi Tatacara mendirikan koperasi | Membaca referensi dan mendis-kusikan Pelaku Ekonomi Mendiskusikan peranan dan tujuan Tiga sektor usaha formal Mengidentifikasi perkoperasian Indonesia Mengidentifikasi tentang usaha koperasi Simulasi tatacara berdirinya koperasi | Menggolongkan Pelaku ekonomi utama dalam perekonomian Indonesia · Mengidentifikasi peranan dan tujuan keberadaan 3 sektor usaha formal (BUMN, BUMS dan Koperasi ) · Mengidentifikasi pokok-pokok perkoperasian diIndonesia (pengertian, landasaan, azas, sejarah, keanggotaannya, sumber modal, prinsip-prinsip) · Mengidentifikasi tentang cara pendirian, tujuan, peranan, ciri-ciri, manfaat, RAT, cara pemba-gian jenis-jenis usaha koperasi. · Mampu menampilkan simulasi dalam tata cara pendirian koperasi | Tes tulis Tes Lisan Penugasan Tes tulis Observasi | Tes Uraian Daftar Pertanyaan Tugas di rumah (PR) Tes Uraian Lembar observasi | Sebutkan siapa saja pelaku ekonomi utama dalam perekonomian di Indonesia ? Sebutkan tujuan BUMN didirikan oleh pemerintah Apakah peranan koperasi bagi anggotanya? Bedakan jenis koperasi konsumsi dan koperasi produksi Coba amati cara-cara mendirikan koperasi, bagaimana langkah-langkah pendiriannya ? | 6 JP | |
Silabus
Sekolah : SMP NEGERI 1 KARANGLEWAS
Kelas : VIII (delapan)
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Semester : 2 (dua)
Standar Kompetensi : 5. Memahami usaha persiapan kemerdekaan.
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
. 5.1.Mendeskripsikan peristiwa-peristiwa sekitar proklamasi dan proses terbentuknya negara kesatuan Republik 5.2.Menjelaskan proses kemerdekaan Indonesia | Perbedaan perspektif antar kelompok sekitar proklamassi kemerdekaan Indonesia Kronologi proklamasi kemerdekaan Indonesia Penyebaran berita proklamasi kemerdekaan melalui berita radio,panflet,selebaran Proses terbentuknya negara dan pemerintah Republik Indonesia dengan sidang PPKI Dukungan dari berbagai daerah berupa dukungan spontan dan tindakan heroik dari berbagai daerah | Menjelaskan perbedaan perspektif antara kelompok tua dan kelompok muda sekitar proklamasi kemerdekaan Membuat naskah sosiodrama kronologi proklamasi kemerdekaan Indonesia dan menapilkannya Menggali informasi dengan referensi dan sumber yang relevan tentang penyebaran berita proklamasi kemerdekaan Menelaah proses terbentuknya negara dan pemerintahan Republik Indonesia dengan sidang-sidang PPKI;tanggal 18 ,19 dan 22 Agustus 1945 Membaca buku referensi dan mengamati gambar dukungan spontan dan tindakan heroik dari berbagai daerah | · Melacak perbedaan perspektif antar kelompok sekitar proklamasi kemerdekaan Indonesia · Menyusun kronologi proklamasi kemerdekaan Indonesia · Mendeskripsikan secara kronologis proses penyebaran berita tentang proklamasi kemerdekaan dan sikap rakyat di berbagai daerah · Menjelaskan proses terbentuknya negara dan pemerintah Republik Indonesia beserta kelengkapanya dengan sidang PPKI · Menganalis dukungan spontan dan tindakan heroik dari berbagai daerah terhadap pembentukan negara dan pemerintah Republik Indonesia | Tes tulis Uji petik kerja dan tes unjuk kerja Penugasan T es tulis Penugasan | Tes pilihan ganda Tes simulasi Tugas proyek Tes Uraian Tugas proyek | Perbedaan pendapat antara golongan tua dan muda tentang kemerdekaan ialah.... a.teks proklamasi b. waktu pelaksanaan c. tempat pelaksanaan d. pembaca teks proklamasi Buatlah naskah sosiodrama kronologi proklamasi kemerdekaan Indonesia dan simulasikan Jelaskan secara kronologis proses penyebaran berita tentang proklamasi kemerdekaan dan sikap rakyat di berbagai daerah Jelaskan dengan sidang PPKI tanggal 18,19 dan 22 agustus 1945 berarti telah terbentuk negara dan pemerintah Republik Indonesia Kumpulkan gambar dukungan spontan dan tindakan heroik dari berbagai daerah terhadap pembentukan negara dan pemerintah Republik Indonesia dengan referensi atau sumber lain yang relefan dan berikan tanggapanmu | 10 JP 6JP | Buku sumber yang relevan Foto –foto dan gambar Atlas Sejarah Musium Monumen Buku sumber yang relevan Foto –foto dan gambar Atlas Sejarah Musium Monumen |
Standar Kompetensi : 3. Memahami masalah penyimpangan sosial.
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
3.1 Mengidentifikasi berbagai penyakit sosial (miras, judi, narkoba, HIV/Aids, PSK, dan sebagainya) sebagai akibat penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat | Pengertian penyimpangan sosial. Bentuk-bentuk penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat. Contoh penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat. | Membaca kasus penyimpangan sosial di masyarakat dari media cetak. Mengamati bentuk-bentuk penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat. Mencari contoh bentuk-bentuk penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat. | · Mengidentifikasi penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat. · Mengidentifikasi bentuk-bentuk penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat. · Memberi contoh penyimpangan sosial yang terjadi dalam keluarga dan masyarakat. | Tes tulis Tes tulis Tugas | Tes Uraian Tes Uraian Tugas rumah | Berikan 3 contoh penyimpangan sosial yang terjadi dalam keluarga! Sebutkan 4 bentuk penyimpangan sosial yang terjadi dalam keluarga dan masyarakat. Berilah contoh-contoh penyimpangan sosial yang terjadi dalam keluarga dan masyarakat. | 4JP | Gambar-gambar perilaku penyimpangan sosial. LKS CD Buku yang relevan. |
3.2 Mengidentifikasi berbagai usaha pencegahan penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat | Akibat penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat. Faktor-faktor penyebab terjadinya penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat Upaya-upaya pencegahan penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat. | Diskusi tentang akibat dari penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat. Mengkaji faktor-faktor penyebab terjadinya penyimpangan sosial. Diskusi tentang upaya-upaya pencegahan penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat. | · Mengidentifikasi akibat penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat. · Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab terjadinya penyimpangan sosial, · Mengidentifikasi upaya-upaya pencegahan penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat. | Penugasan Tes tulis Tes tulis | Tugas rumah Tes Uraian Tes Uraian | Cari dan kumpulkan informasi tentang akibat penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat. Jelaskan faktor-faktor penyebab terjadinya penyimpangan sosial! Sebutkan upaya-upaya untuk mencegah penyimpangan sosial! | 6 JP | Gambar-gambar perilaku penyimpangan sosial. LKS CD Buku yang relevan. |
Standar Kompetensi : 6. Memahami pranata dan penyimpangan sosial.
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
6.3 Mendeskripsikan pengendalian penyimpangan sosial | Jenis pengendalian penyimpangan sosial (preventif dan represif). Peran lembaga-lembaga pengendalian sosial | Menyimpulkan jenis-jenis pengendalian sosial. Menelaah peran lembaga-lembaga pengendalian sosial | ·Mengidentifikasi jenis pengendalian penyimpangan sosial. ·Menguraikan peran lembaga-lembaga pengendalian sosial. | Tes tulis Tes tulis | Tes Uraian Tes Uraian | Jelaskan pengendalian sosial secara preventif Jelaskan tugas lembaga kepolisian dalam pengendalian sosial! | 6 JP | |
Standar Kompetensi : 7. Memahami Kegiatan perekonomian Indonesia
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | |||||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |||||||||
7.1. Mendes-kripsikan permasalahan angkatan kerja dan tenaga kerja sebagai sumber daya dalam kegiatan ekonomi, serta peranan pemerintah dalam upaya penainggulangannya | Pengertian tenaga kerja, angkatan kerja dan kesempatan kerja Hubungan antara jumlah penduduk, angkatan kerja, kesempatan kerja dan pengangguran. Permasalahan tenaga kerja Indonesia. Dampak pengangguran terhadap keamanan lingkungan. Peningkatan mutu tenaga kerja Peranan pemerintah dalam mengatasi masalah tenaga kerja di Indonesia | Mendeskripsikan pengertian tenaga kerja, angkatan kerja, dan kesempatan kerja Mendiskusikan hubungan antara jumlah penduduk dengan angkatan kerja, kesempatan kerja dan pengangguran. Tanya jawab tentang permasalahan dasar yang berhubungan dengan tenaga kerja di Indonesia Mendiskusikan dampak pengangguran terhadap keamanan lingkungan Mendiskusikan cara meningkatkan mutu tenaga kerja Indonesia Tanya jawab tentang peranan pemerintah dalam mengatasi masalah tenaga kerja | · Menjelaskan pengertian tenaga kerja, angkatan kerja dan kesempatan kerja · Menganalisis hubungan antara jumlah penduduk, angkatan kerja, kesempatan kerja dan pengangguran * Mengidentifikasi permasalahan dasar yang berhubungan dengan tenaga kerja di Indonesia (jumlah, mutu, persebarandan angka pengangguran) · Mengidentifikasi dampak pengangguran terhadap keamanan lingkungan · Mengidentifikasi peningkatan mutu tenaga kerja · Mengidentifikasi peranan pemerintah dalam mengatasi masalah tenaga kerja di Indonesia | Tes tulis Tes tulis Tes tulis Obsevasi Tes tertulis Tes tulis | Tes Uraian Tes Uraian Tes Uraian Tes pilihan ganda Lembar Observasi Tes Uraian Tes Uraian | Jelaskan pengertian tentang : - - tenaga kerja - angkatan kerja - kesempatan kerja Coba diskusikan bagaimana hubungan antara jumlah penduduk, angkatan kerja, kesempatan kerja dan pengangguran Apa permasalahan dasar tentang tenaga kerja di Indonesia? Jelaskan 3 dampak negatif banyaknya pengangguran di suatu daerah ! Jelaskan bagaimana cara meningkatkan mutu tenaga kerja di indonesia? Sebutkan 4 lembaga baik formal maupun non formal yang turut serta dalam penyaluran tenaga kerja ! | 10 JP | Guru PS Ekonomi Buku Materi Nara sumber Rubrik di media cetak yang memuat tentang kualitas tenaga kerja, masalah pengang guran dan lapangan kerja Lingkungan masyarakat Siswa Bursa tenaga kerja | |||
7.3. Mendes-kripsikan fungsi pajak dalam perekonomian nasional | Pengertian pajak dan retribusi. Pajak dan fungsinya bagi perekonomian nasional Perbedaan pajak langsung dengan pajak tidak langsung Perbedaan pajak pusat dengan pajak daerah Fungsi dan peranan pajak dalam kehi dupan suatu negara. Jenis-jenis pajak yang ditanggung oleh keluarga. Sanksi- sanksi terhadap wajib pajak yang melalaikan ke wajibannya | Merumuskan pengertian pajak dan retribusi. Mendiskusikan sifat dan penetapan tarif pajak Mendiskusikan jenis dan unsur-unsur pajak Mendiskusikan perbedaan pajak pusat dengan pajak daerah Mendiskusikan fungsi dan peranan pajak dalam kehidupan suatu negara. Mengidentifi- kasi jenis-jenis pajak yang ditanggung keluarga Mengidentifikasi sanksi- sanksi terhadap wajib pajak yang melalaikan ke wajibannya | · Mendefinisikan pengertian pajak dan retribusi. · Mengidentifikasi sifat dan penetapan tarif pajak. · Membedakan pajak langsung dengan pajak tidak langsung. · Menjelaskan perbedaan pajak pusat dengan pajak daerah beserta contohnya · Menjelaskan fungsi dan peranan pajak dalam kehi dupan suatu negara. · Mengidentifikasi jenis-jenis pajak yang ditanggung oleh keluarga. · Mengidentifikasi sanksi-sanksi terhadap wajib pajak yang melalaikan kewajibannya. | Tes tulis Tes Lisan Penugasan Tes tulis Tes tulis Tes lisan - Tes tulis | Tes Uraian Daf tar Pertanyaan Tugas rumah Tes uraian Tes uraian Daftar pertanyaan Tes Uraian | Jelaskan pengertian pajak dan retribusi! Apa yang dimaksud dengan tarip pajak? Apa perbedaan pajak langsung dan pajak tidak langsung? Jelaskan perbedaan pajak pusat dan pajak daerah Jelaskan fungsi pajak bagi suatu negara Sebutkan jenis-jenis pajak yang biasa dibayar oleh keluargamu Apakah sangsi yang diberikan kepada wajib pajak yang lalai membayar pajak ? | 8 JP | 1. Guru PS Ekonomi 2. Buku Materi 3. Internet tentang pajak 4. Bukti pembaya ran pajak 5. Brosur- brosur tentang pajak 6. Data RAPBN 7. Kantor Pelayanan Pajak 8. Tempat- tempat pembayar an pajak | |||
7.4.Mendeskripsikan permintaan dan penawaran serta terben-tuknya harga pasar | Pengertian dan faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan barang/jasa. Penawaran pada barang dan jasa Hukum Permintaan Terbentuknya harga Pengertian penawaran dan faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran barang / jasa. Keterkaitan antara penawaran dengan harga barang yang di tawarkan. Kurve penawaran Pengertian harga Macam-macam harga (termasuk harga yang ditetapkan pemerintah. Hubungan antara permintaan dengan penawaran yang digambarkan dalam bentuk kurve harga keseimbangan | Merumuskan pengertian permintaan dan mendiskusikan faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan Mendiskusikan hukum permintaan Membuat kurve permintaan Mendiskusikan tentang ceterisparibus Mendiskusikan Pengertian penawaran dan faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran. Mendiskusikan hubungan antara penawaran dan harga barang Membuat kurve penawaran Merumuskan pengertian harga Mendiskusikan macam-macam harga dan penetapan harga oleh pemerintah Membuat kurve harga keseimbangan | · Mendeskripsikan pengertian dan faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan barang / jasa · Menjelaskan hubungan antara permintaan barang/jasa dengan harga barang / jasa tersebut. · Mendefinisikan Hukum Permintaan. · Menjelaskan tentang berlakunya hukum permintaan itu ceteris paribus · Mendefinisikan pengertian penawaran dan faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran barang / jasa. · Mengidentifikasi keterkaitan antara penawaran dengan harga barang yang di tawarkan. · Mendekripsikan kurve penawaran · Menjelaskan pengertian harga. Mendiskripsikan macam-macam harga ( termasuk harga yang ditetapkan pemerintah · Mengidentifikasi hubungan antara permintaan dengan penawaran yang digambarkan dalam bentuk kurve harga keseimbangan | Penugasan Tes tulis Observasi Tes tulis Tes tulis Tugas Kelompok Tes Unjuk Kerja Tes tulis Tes lisan Tes unjuk kerja | Tugas Rumah. Tes uraian Lembar observasi Tes uraian Tes Uraian Laporan Tes Simulasi Tes Uraian Daftar pertanyaan. Tes simulasi | Jelaskan pengertian permintaan dan faktor-faktor yang mempengaruhinya! Bagaimana hubungan antara permintaan dan harga barang! Buatlah kurva permintaan Jelaskan pengertian ceterisparibus Jelaskan pengertian penawaran dan faktor-faktor yg mempengaruhi Bagaimana hubungan antara penawaran dan harga barang Buatlah kurva penawaran Jelaskan pengertian Harga Sebutkan macam-macam harga! Peragakan dengan cara berpasangan, proses jual beli barang/jasa dengan satuan mata uang yang berbeda | 8 JP | Guru IPS Ekonomi Buku Materi Pasar 1. Gambar kurva Media cetakdan elektronika tentang informasi harga | |||
4.3.Mengidentifikasi bentuk pasar dalam kegiatan ekonomi masyarakat | Pengertian, fungsi, dan peranan pasar bagi masyarakat. Syarat-syarat terjadinya pasar Macam-macam pasar dan contoh-contohnya Perbedaan pasar konkrit dan pasar abstrak Demonstrasi jual beli di pasar | Mendefinisikan pengertian pasar, Fungsi pasar, dan Peranan pasar Mengidentifikasi tentang syarat -syarat terjadinya pasar. Mendiskusikan macam-macam pasar, dan contoh pasar Membedakan pasar kongkrit dan pasar abstrak Melakukan demonstrasi dan observasi tentang jualbeli / tawar menawar di pasar | · Menjelaskan pengertian, fungsi, dan peranan pasar bagi masyarakat · Mengidentifikasi syarat-syarat terjadinya pasar · Mengklasifikasi macam-macam pasar beserta contohnya masing-masing · Mengidentifikasi ciri -ciri pasar konkrit dan pasar abstrak serta menyebutkan contoh-contohnya · Mendemonstrasikan kegiatan jual beli di suatu pasar | Tes tulis Tes Lisan Penugasan Tes tulis Observasi | Tes pilihan ganda Lembar pertanyaan Tes Uraian Tes Uraian Lembar observasi | Berikut ini yang bukan fungsi pasar, adalah pasar sebagai sarana .. a. distribusi c. promosi b. produksi d. pembentuk harga .Sebutkan 4 syarat terjadinya pasar Sebutkan macam-macam pasar menurut waktu pelaksanaannya Jelaskan ciri-ciri pasar konkrit dan pasar abstrak Lakukan pengamatan kegiatan jual beli di pasar, bandingkan bagaimana harga barang yang laku dan yang tidak laku ? | 6 JP | Guru Buku Materi Koperasi/ kantin sekolah Pasar Jurnal Kegi- atan di pasar bursa melalui tayangan di media cetak/ elektronik Swalayan PKL Asongan Koran | |||
Karanglewas, 12 Juli 2010
Mengetahui,
Kepala SMP N 1 Karanglewas Guru Mata Pelajaran,
SLAMET,S.Pd.M.Pd., Dra. SAPTARI DARMA W
Pembina NIP 19630921 200012 2 001
NIP 19660102 199003 1 007