Pages

Mengenai Saya

Foto saya
Purwokerto, Jawa Tengah, Indonesia
Menjadi guru adalah salah satu anugerah yang terindah bagi saya, Allah Yang Maha Kuasa memberi kesempatan diri saya untuk belajar dan berkarya. bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain. Asa ke depan tetap berkarya dan berkarya walau usia semakin senja. Mudah-mudahan Allah meridhoi.Amin

Slide

31/08/11

MOTIVASI

Posted by Saptari Dharma Wijayanti on 18.09 4 komentar

STRATEGI MENINGKATKAN HASIL ULANGAN KENAIKAN KELAS 
MATA PELAJARAN IPS DENGAN KUIS & REWARD
PADA KELAS VIII  TAHUN PELAJARAN 2010/2011

     Hasil ulangan tengah semester, Ulangan semester gasal, dan Ulangan tengah semester gasal siswa kelas VIII D sampai dengan kelas VIII H pada umumnya lebih rendah dari hasil ulangan harian. Hal ini disebabkan bahan materi yang diujikan dalam ulangan tengah semester dan ulangan semester lebih banyak dan jeda waktu antara pembelajaran dengan evaluasi hasil pembelajaran lebih lama dari pada  ulangan harian, serta daya memori siswa pada umumnya kurang kuat.
    
      Atas dasar kondisi tersebut di atas untuk menghadapi ulangan kenaikan kelas, penulis mencoba dengan strategi sebagai berikut:
  1. Satu minggu menjelang ulangan kenaikan kelas diinformasikan kepada seluruh siswa, bahwa selama satu minggu akan dilaksanakan kuis, untuk itu diharapkan siswa membaca dan mempelajari materi yang akan diujikan
  2. Bahan materi ulangan kenaikan kelas terdiri dari 8 kompetensi dasar dibagi menjadi 3 untuk tiga kali pertemuan dengan pengaturan 3 KD untuk dua jam tatap muka, dan 2 KD untuk 1 jam tatap muka. Materi diurutkan dari Kompetensi dasar yang pertama sampai dengan kompetensi dasar yang terakhir
  3. Kuis dilaksanakan secara berkelompok, dimana setiap kelompok terdiri dari 4 siswa. Pembentukan kelompok disesuaikan dengan tempat duduk siswa, yaitu dua meja yang saling berurutan kedudukannya.                                                                                      
  4. Adapun teknik pelaksanaan kuis adalah sebagai berikut:
  • Pada pertemuan sebelumnya guru memberi 2 lembar kerta manila kepada  salah satu siswa yang pandai menggambar. Satu lembar sebagai media gambar pohon dan rantingnya, yang akan digunakan untuk menempelkan reward , Dan satu lembar lainnya sebagai  buahnya. Potongan gambar buah diberikan sebagai reward bagi kelompok yang dapat menjawab soal dengan benar.
  • Guru menyiapkan soal uraian tertutup (isian singkat) dan dan kunci jawaban   sebanyak 25 soal untuk setiap pertemuan.
  •  Guru menyiapkan potongan kertas HVS  dengan ukuran 3 x 4 cm sebagai lembar jawab untuk tiap soal, setiap kelompok diberi 25 potong.
  • Setiap soal dibacakan,  setiap kelompok berembug untuk menjawab dan menuliskannya pada sepotong kertas HVS, dan apabila jawaban siswa benar, siswa langsung menukarkannya dengan potangan gambar buah yang telah disiapkan di meja. 
  • Sepuluh menit menjelang akhir pembelajaran siswa diminta menempelkan hasilnya pada gambar pohon yang telah ditempel di papan kelas
  • Penanaman sikap kejujuran dan sportifitas disepakati oleh seluruh kelompok dalam satu kelas
Strategi yang dilaksanakan untuk menghadapi ulangan kenaikan kelas dengan kuis dan reward ternyata membuahkan hasil yang lumayan, dimana rata-rata kelas VIII D sampai dengan VIII H pada  pelaksanaan ulangan tengah semester dan ulangan semester sebelumnya tidak pernah mencapai angka 70.  Setelah dilaksanakan kuis dan rewardse, rata-rata kelas perolehan hasil ulangan kenaikan kelas mengalami peningkatan, semua dapat memperoleh rata-rata kelas diatas 70, yaitu rata-rata terendah 72 untuk kelas VIII B dan rata-rata tertinggi 73,39 untuk kelas VIII A.
     Setiap upaya yang maksimal, sungguh-sungguh, penuh suka cita dan ketulusan tentu akan membuahkan hasil pula. Kebahagiaan tersendiri akan dapat kita rasakan pula, tidak dapat digantikan dengan uang atau barang yang lain. Kebahagiaan menikmati ekspresi saat anak-anak bersorak ketika jawabannya banar, dan ungkapan penyesalan ketika jawabannya salah. Kesepakatan yang dapat diperoleh bersama anak-anak dari pelaksanaan Kuis dan Reward adalah Buah Lebat Bila Belajar  Kuat.



4 Responses so far:

Dwi Riyani Darma S. mengatakan...

Strategi yang sudah baik akan sangat tepat apabila didukung dengan motivasi. Motivasi akan lebih tertanam di hati siswa apabila didasari ketulusan. Ketulusan menumbuhkan keteladanan yang akhirnya membuahkan keberhasilan.

Anonim mengatakan...

ini mungkin nggak ada hubungannya dengan artikel diatas, ini hanya masukan saja.
1. Lay out dah bagus....hanya perlu disain yang lebih simple, praktis, dan cool.
2. aktifkan clocknya.
3. arsip dan catatn yang lain bisa di simplekan...jangan terlalu panjang dan entri posting di setting ulang..jadi nggak tumpang tindih...
4. setting tulisan berdasarkan posting bulan aja yang nggak kepanjangan
6. taruh profil sebagai home ( jadi selalu di atas ) sedang aplikasi lain yang diperlukan di bawahnya sesuai kebutuhan aja.
7. pilih yang 3 coulmdb aja nanti ngaturnya enak.

................I yakin you can do it..succes..and try try again.....
oke......
by Yulias

hadisetyo mengatakan...

Salam kenal....Blog Walking....

Saptari Dharma Wijayanti mengatakan...

Leave a Reply