Pages

Mengenai Saya

Foto saya
Purwokerto, Jawa Tengah, Indonesia
Menjadi guru adalah salah satu anugerah yang terindah bagi saya, Allah Yang Maha Kuasa memberi kesempatan diri saya untuk belajar dan berkarya. bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain. Asa ke depan tetap berkarya dan berkarya walau usia semakin senja. Mudah-mudahan Allah meridhoi.Amin

Slide

31/05/20

FLORA EXHIBITION REPORTS AT SMP NEGERI 2 KEBASEN ( LAPORAN PAMERAN FLORA)

Posted by Saptari Dharma Wijayanti on 17.04 0 komentar

LAPORAN  PELAKSANAAN DAN EVALUASI TINDAK LANJUT PAMERAN FLORA ESPERO  DAN GEBYAR SMK- SMK
SMP NEGERI 2 KEBASEN  TAHUN PELAJARAN 2019-2020



A.   GAMBARAN UMUM
     SMP Negeri 2 Kebasen saat ini ditunjuk sebagai Sekolah Sasaran Penguatan Pendidikan Karakter dan sekaligus sekaligus sekolah yang sedang merintis menjadi Sekolah Adiwiyata Tingkat Propinsi. Selain itu SMP Negeri 2 Kebasen secara rutin setiap tahun selalu menjadi tempat sosialisasi SMA_SMK Se Wilayah Kecamtan Kebasen, Kroya, Sampang, Kemranjen, dan Sumpiuh.

Sebagai sesolah sasaran Penguatan Pendidikan Karakter, diharapkan seluruh warga sekolah dapat meningaktkat karakter, Religius, Nasionalis, Mandiri, Gotong Royang dan Integritas. Sebagai sekolah Adiwiyata diharapkan seluruh warga sekolah memiliki kebiasaan, yang akhirnya menjadi budaya sekolah untuk selalu peduli terhadap pelestarian lingkungan. Untuk dapat mewujudkan suksesnya penguatan pendidikan karakter serta peserta didik yang peduli lingkungan, sekaligus dapat membuka wawasan peserta didik tentang SMA_SMK yang ada di sekitar sekolah, maka SMP Negeri 2 Kebasen maka diperlukan Pameran yang bisa membuka wawasan peserta didik akan pentingnya karakter, peduli lingkungan sekaligus kelebihan SMA_SMK yang diharapkan peserta didik dapat melanjutkan sekolah sesuai dengan cita-citanya.
Sumber Dana penyelenggaraan pendidikan saat ini sebagian besar dari Dana BOS yang belum bisa mengakomodasi semua pembiayaan terkait dengan pengembangan sekolah dan pengembangan potensi peserta didik.

B.   LATAR BELAKANG
Jumlah peserta didik yang sangat besar (681 siswa) merupakan calon sumber daya yang sangat besar sebagai modal pembangunan 20-30 tahun di masa yang akan datang. Karakter dan peduli lingkungan merupakan hal yang sangat penating untuk ditanamkan sejak dini, serta kemampuan bertehnologi merupakan program utama di SMP Negeri 2 Kebasen.
Pameran Flora dan Gebyar SMA-SMK dipandang perlu untuk dilaksanakan sebagai wadah untuk mengasah karakter religius, gotong royong, kerja keras, mandiri, dan cinta tanah air. Melalui pameran ini peserta didik diharapkan dapat mengenal berbagai flora dan kreasinya yang disiapkan oleh seluruh peserta didik seluruh SMP N 2 Kebasen. Peserta didik juga akan engenal jurusan yang ada di SMA-SMK peserta pameran, sehingga dapt memotivasi peserta didik untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi lagi dan tidak ada lagi peserta didik yang tidak melanjutkan sekolah.  Dengan banyaknya tamu yang datang diharapkan juga akan memotivasi warga sekolah baik Kepala sekolah, guru dan karyawan, serta peserta didik untuk senantiasa bersikap santun, ramah, dan sopan  kepada semua orang, serta semakin peracaya diri terhadap kemampuan masing-masing.

C.   TUJUAN:
Tujuan dari kegiatan tersebut adalah sebagai berikut:
1.     Meningkatkan karakter peserta didik SMP Negeri 2 Kebasen
2.     Meningkatkan karakter religius, kerja keras, kerja sama, gotong royong, kemandirian, sopan, santun dan ramah, serta peduli lingkungan
3.     Meningkatkan rasa cinta tanah air
4.     Meningktakan motivasi peserta didik untuk melanjutkan sekolah
5.     Meningkatkan jiwa pantang menyerah
6.     Menjadikan warga SMP Negeri 2 Kebasen dan tamu undangan, serta pemirsa pameran bahagia
7.     Menjalin kerjasama yang kuat dengan SMA-SMK sekitar serta Bank Penyimpan dana masyarakat
  
D.   PELAKSANAAN PAMERAN
Pameran yang dilaksanaan muaranya adalah untuk meningkatakan karakter siswa. Dan selama pameran berlangsung kegiatan siswa diatur dengan jadwal tersendiri (Jadwal terlampir) sehingga kepulangan siswa pun sesuai dengan jadwal pelajaran. Pelaksanaan Pameran Flora Espero dan Gebyar SMA-SMK selama hari Senin tanggal 6 Januari 2020 sampai dengan hari Raby Tanggal 8 Januari 2020 dapat berjalan dengan lancar, dan dapat dikatakan sukses. Hal ini ditandai dengan adanya:
1.     Banyaknya pengunjung
      Pengunjung yang hadir di Pameran Flora Espero dan Gebyar SMA-SMK sebanyak 1231 meliputi Tamu Undangan DInas Pendidikan Kabupaten Banyumas Muspika Kecamatan Kebasen, MKKS Kabupaten Banyumas, MGMP PJOK Sub Rayon 06, SD di lingkungan SMP Negeri 2 Kebasen, TK dan PAUD di lingkungan SMP Negeri 2 Kebasen, SMP di Sub rayon 06, SMA/SMK di lingkungan SMP Negeri 2 Kebasen.
2.     Peserta Pameran Stand yang bertambah
     Peserta pameran semula 7 yaitu SMK Tamtama Kroya, SMK Tunas Bangsa Kebasen, SMK Mpu Tantular Kemranjen, SMK Negeri Kebasen, SMK Mardikenya Purwokerto, SMK Maranata Purwokerto. SMK YPE Sampang dihari pertama menjadi 10 dihari kedua yaitu ditambah SMK Giripuro Sumpiuh, SMK Kartek 2 Jatilawang, SMK Muhammadiyah Sampang.
3.     Lamanya Pameran
Rencana pameran selama 3 hari tetap berjalan selama 3 hari dan pengunjung yang hadir juga bertambah dari pengunjung yang tidak ada dalam daftar undangan yaitu
4.     Banyaknya Produk yang terjual
Rencana awal pameran Flora hanya memamerkan macam-macam flora yang ada di SMP Negeri 2 Kebasen, namun dalam pelaksanaannya berkembang menjadi transaksi penjualan. Adapun produk yang terjual meliputi:
a.    Tanaman Hias
Tanaman hias yang tejual merupakan barang titipan dari peserta yang ikut berperan dalam pameran yaitu Garden Flower, Florin, The Flower Garden. Dengan pendapatan hasil penjualan sebesar  Rp. 403.000
b.    Bibit Tanaman
Bibit tanaman karya siswa berhasil terjual
c.    Boneka dari barang bekas
Terjual boneka dari barang bekas 18 buah dengan hasil pendapatan Rp. 90.000


d.    Makanan
Penjual makanan yang mengisi stand pameran meliputi Soto Bu Murah, Mie Ayam Risqy, daan Dawet Ayu  berperan pula dalam mengisi kas pameran. Mie ayam Risqy berkontribusi sebesar  Rp. 400.000, Soto Bu Murah berkontribusi sebesar Rp. 79.000, dan Dawet Ayu berkontribusi sebesar Rp. 34.000. Total pemasukan dari stand makanan berjumlah Rp. 513,000

E.   EVALUASI DAN TINDAK LANJUT
Evaluasi diperlukan dalam suatu pelaksanaan kegiatan agar dapat diketahui kelebihan dan kekurangannya. Berdasarkan hasil evaluasi ini akan dapat dibuat program untuk langkah selanjutnya agar pelaksanaan kegiatan, khususnya pameran flora dan gebyar SMA-SMK ini akan lebih baik lagi di masa yang akan datang.
Berdasarkan catatan dan masukan dari berbagai pihak dapat kami evaluasi untuk pelaksanaan pameran flora dan gebyar SMA_SMK kali ini antara lain :
1.    Luas pameran yang kurang
2.    Siswa sebagai sasaran pameran kurang aktif melihat pameran
3.    Informasi pameran yang  kurang lebih awal
4.    Juknis pelaksanaan pameran yang belum tersosialisasikan secara tersurat
Berdasarkan evaluasi tersebut maka untuk yang akan datang akan dibuat program tindak lanjut sebagai berikut:
1.    Area pameran diperluas
2.    Siswa lebih diaktifkan berperan dalam pameran dengan bimbingan wali kelas
3.    Informasi pelaksanaan pameran kepada pihak SMA-SMK lebih awal (2 bulan sebelum pelaksanaan pameran)
4.    Juknis pelaksanaan pameran disusun lebih awal

F.    PENUTUP
Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan hidayah-Nya kepada kita semua sehingga laporan pelaksanaan dan evaluai tindak lanjt dari kegiatan pameran Flora dan gebyar SMA-SMK dapat terwujud.  Kami yakin laporan ini masih jauh dari sempurna untuk itu saran dan kriik dari pembaca sangat kami harapkan demi terwujudnya kesempurnaan laporan ini. 
                 
Anak SD antusias meliah hidrophonik sederhana

Anak Kelompok bermain juga hadir melihat pameran



Salah satu siswa antusias ingin tahu tanaman dengan Hydrogel

Boneka dari kaos kaki bekas, anak-anak suka

Hidrophonk apung, meraka suka

Fashion show dari barang bekas (SMA Negeri Sampang)


Ketua MKKS dan Sekretaris dari Kabupaten dan Sub Rayon ikut hadir dan action



Tanaman apa saja yang dipamerkan...tunggu ya..




0 Responses so far:

Leave a Reply