Pages

Mengenai Saya

Foto saya
Purwokerto, Jawa Tengah, Indonesia
Menjadi guru adalah salah satu anugerah yang terindah bagi saya, Allah Yang Maha Kuasa memberi kesempatan diri saya untuk belajar dan berkarya. bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain. Asa ke depan tetap berkarya dan berkarya walau usia semakin senja. Mudah-mudahan Allah meridhoi.Amin

Slide

22/10/11

Contoh Pengembangan Tema ke dalam Indikator Pembelajaran

Posted by Saptari Dharma Wijayanti on 00.22 0 komentar

PENGEMBANGAN TEMA IPS TERPADU
Kelas VII
SEMESTER  1

MODEL   INTEGRATED

Tema

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Indikator





Gunung Slamet



1.  Memahami lingkungan kehidupan manusia
 2.  Memahami
     Kehidupan
     Sosial  Manusia
3.  Memahami Usaha
     Manusia Memenuhi kebutuhan

1.1  Mendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan dan dampaknya terhadap kehidupan



·    Menjelaskan gejala vulkanisme, bentuk gunung Slamet,  penganggulangan bencana.
·     Menjelaskan kondisi alam gunung slamet
·     Menjelaskan proses erosi, penyebab, dan upaya penanggulangannya di  sepanjang  sungai  di kaki Gunung Slamet



2.1  Mendeskripsikan interaksi sebagai proses sosial
·     Menjelaskan kehidupan sosial budaya  di kawasan gunung Slamet
·     Menanamkan nilai-nilai kepedulian lingkungan dan sosial (nilai karakter bangsa) bagi warga di Kawasan gunung Slamet



2.3Mengidentifikasi bentuk-bentuk interaksi social

·      Menjelaskan syarat-syarat terjadinya interaksi sosial
·      Mengidentifikasi bentuk-bentuk interaksi sosial  di  kawasan gunung Slamet



2.4 Menguraikan proses interaksi sosial

·                  Mendeskripsikan proses pendakian gunung Slamet



3.1 Mendeskripsikan manusia  sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral dalam kaitannya dengan usaha memenuhi kebutuhan dan pemanfaatan sumber daya yang tersedia

·         Mendeskripsikan hakekat manusia sebagai  ekonomi dan makhluk sosial yang bermoral   
·         Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral dalam memanfaatkan sumber daya alam  gunung Slamet
·         Mewujudkan hubungan yang harmonis antar manusia  di kaki  gunung  Slamet sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral

Wisata Banyumas


4.3  Mendeskripsikan kondisi geografis dan penduduk
(Semester 2)
·         Mengidentifikasi geografis  Banyumas
·         Mengidentifikasi persebaran daerah wisata Banyumas
·         Mendeskripsikan karakteristik  penduduk Banyumas



2.2Mendeskripsikan sosialisasi sebagai proses pembentuk-an kepribadian
·         Mendeskripsikan sosilasisasi sebagai proses pembentukan kepribadian  
·      Menanaman nilai kewirausahaan : (inisiatif, kreatif, inovatif,) bagi warga Banyumas



3.2Mengidentifikasikan tindakan ekonomi berdasarkan motif dan prisip ekonomi dalam kegiatan sehari-hari
·         Mengidentifikasi kegiatan ekonomi di kawasan wisata Banyumas
·         Mendeskripsikan tidakan ekonomi  dalam memanfaatkan sumber daya wisata  daerah Banyumas
·         Mengidentifikasi macam-macam motif ekonomi dan motif non ekonomi dalam memanfaatkan sumber daya Banyumas


3.3 Mengungkapkan gagasan kreatif dalam tindakan ekonomi untuk mencapai kemandirian dan kesejahteraan
·         Mendeskripsikan Batik Banyumas sebagai potensi wisata
·         Mendiskripsikan wisata kuliner di Banyumas
·         Mengidentifiksi    home industry  sebagai potensi  daerah wisata di Banyumas








MODEL CONNECTED/CORELATED


Tema


Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Indikator

Keragaman Bentuk Muka Bumi

1.    Memahami lingkungan kehidupan manusia


















2.    Memahami kehidupan sosial manusia

3.    Memahami kegiatan ekonomi masyarakat


1.1  Mendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan, dan dampaknya terhadap kehidupan



















2.1 Mendes- kripsikan interaksi sebagai proses social
3.2  Mengi-dentifikasi tindakan ekonomi  berdasar kan motif dan prinsip ekonomi dalam berbagai kegiatan sehari-hari

·   Mendeskripsikan  tenaga endogen yang menyebabkan   terjadinya     bentuk muka bumi,sebagai salah satu bukti kekuasaan Allah

·   Mendeskripsikan/menguraikan gejala diastropisme dan vulkanisme serta sebaran tipe gunung api

·   Menunjukkan sebaran  tipe gunung api di Indonesia dengan tepat

·  Mengidentifikasi/menjelaskan faktor-faktor penyebab terjadinya gempa bumi dan akibat yang ditimbulkannya sebagai bukti kekuasaan Allah
·   Mengindentifikasi/menyebutkan jenis batuan berdasarkan proses pembentukannya
·   .Mengidentifiasi pemanfaatan jenis-jenis batuan  dalam kehidupan sosial ekonomi
·   Mendeskripsikan  proses pelapukan sebagai bukti kekuasaan Allah
·   Mendeskripsikan  proses erosi, dan faktor-faktor penyebabnya.
·   Memberikan contoh bentukan  yang dihasilkan oleh proses sedimentasi untuk memahami pemanfaatannya
·   Mengidentifikasi interaksi sosial yang sesuai dengan norma-norma yang berlaku (Sosiologi)


·  Mengidentifikasi tindakan  manusia dalam memanfaatkan sumber daya yang terbatas untuk memenuhi kebutuhan hidupnya (ekonomi)





Tema


Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Indikator

Masa Pra Aksara di Indonesia
1.       
1.      Memahami lingkungan kehidupan manusia

1.2 Mendeskripsikan masa pra aksara di Indonesia

·         Menjelaskan pengertian dan kurun waktu masa pra aksara.
·         Mengedentifikasi  jenis-jenis manusia pra aksara yang ada di Indonesia.
·         Mendeskripsikan kehidupan pada masa pra aksara di Indonesia.
·         Mengidentifikasi peralatan-peralatan yang digunakan manusia pra aksara.
·         Mengidentifikasi peninggalan-peninggalan kebudayaan pada masa pra aksara.
·         Mendeskripsikan proses kedatangan dan persebaran nenek mpyang bangsa Indonesia.
·         Mengidentifikasi dampak nomaden (Geografi)
·         Perubahan  pola hidup pada masa pra aksara (Nomaden ke zedenter) (sosiologi)
·         Kehidupan ekonomi pada  masa  pra aksara
(Ekonomi)


0 Responses so far:

Leave a Reply