PENGEMBANGAN TEMA IPS TERPADU
Kelas VII
MODEL INTEGRATED
Tema | Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Indikator |
Gunung Slamet | 1. Memahami lingkungan kehidupan manusia 2. Memahami Kehidupan Sosial Manusia 3. Memahami Usaha Manusia Memenuhi kebutuhan | 1.1 Mendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan dan dampaknya terhadap kehidupan | · Menjelaskan gejala vulkanisme, bentuk gunung Slamet, penganggulangan bencana. · Menjelaskan kondisi alam gunung slamet · Menjelaskan proses erosi, penyebab, dan upaya penanggulangannya di sepanjang sungai di kaki Gunung Slamet |
2.1 Mendeskripsikan interaksi sebagai proses sosial | · Menjelaskan kehidupan sosial budaya di kawasan gunung Slamet · Menanamkan nilai-nilai kepedulian lingkungan dan sosial (nilai karakter bangsa) bagi warga di Kawasan gunung Slamet | ||
2.3Mengidentifikasi bentuk-bentuk interaksi social | · Menjelaskan syarat-syarat terjadinya interaksi sosial · Mengidentifikasi bentuk-bentuk interaksi sosial di kawasan gunung Slamet | ||
2.4 Menguraikan proses interaksi sosial | · Mendeskripsikan proses pendakian gunung Slamet | ||
3.1 Mendeskripsikan manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral dalam kaitannya dengan usaha memenuhi kebutuhan dan pemanfaatan sumber daya yang tersedia | · Mendeskripsikan hakekat manusia sebagai ekonomi dan makhluk sosial yang bermoral · Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral dalam memanfaatkan sumber daya alam gunung Slamet · Mewujudkan hubungan yang harmonis antar manusia di kaki gunung Slamet sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral | ||
Wisata Banyumas | 4.3 Mendeskripsikan kondisi geografis dan penduduk (Semester 2) | · Mengidentifikasi geografis Banyumas · Mengidentifikasi persebaran daerah wisata Banyumas · Mendeskripsikan karakteristik penduduk Banyumas | |
2.2Mendeskripsikan sosialisasi sebagai proses pembentuk-an kepribadian | · Mendeskripsikan sosilasisasi sebagai proses pembentukan kepribadian · Menanaman nilai kewirausahaan : (inisiatif, kreatif, inovatif,) bagi warga Banyumas | ||
3.2Mengidentifikasikan tindakan ekonomi berdasarkan motif dan prisip ekonomi dalam kegiatan sehari-hari | · Mengidentifikasi kegiatan ekonomi di kawasan wisata Banyumas · Mendeskripsikan tidakan ekonomi dalam memanfaatkan sumber daya wisata daerah Banyumas · Mengidentifikasi macam-macam motif ekonomi dan motif non ekonomi dalam memanfaatkan sumber daya Banyumas | ||
3.3 Mengungkapkan gagasan kreatif dalam tindakan ekonomi untuk mencapai kemandirian dan kesejahteraan | · Mendeskripsikan Batik Banyumas sebagai potensi wisata · Mendiskripsikan wisata kuliner di Banyumas · Mengidentifiksi home industry sebagai potensi daerah wisata di Banyumas |
MODEL CONNECTED/CORELATED
Tema | Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Indikator |
Keragaman Bentuk Muka Bumi | 1. Memahami lingkungan kehidupan manusia 2. Memahami kehidupan sosial manusia 3. Memahami kegiatan ekonomi masyarakat | 1.1 Mendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan, dan dampaknya terhadap kehidupan 2.1 Mendes- kripsikan interaksi sebagai proses social 3.2 Mengi-dentifikasi tindakan ekonomi berdasar kan motif dan prinsip ekonomi dalam berbagai kegiatan sehari-hari | · Mendeskripsikan tenaga endogen yang menyebabkan terjadinya bentuk muka bumi,sebagai salah satu bukti kekuasaan Allah · Mendeskripsikan/menguraikan gejala diastropisme dan vulkanisme serta sebaran tipe gunung api · Menunjukkan sebaran tipe gunung api di Indonesia dengan tepat · Mengidentifikasi/menjelaskan faktor-faktor penyebab terjadinya gempa bumi dan akibat yang ditimbulkannya sebagai bukti kekuasaan Allah · Mengindentifikasi/menyebutkan jenis batuan berdasarkan proses pembentukannya · .Mengidentifiasi pemanfaatan jenis-jenis batuan dalam kehidupan sosial ekonomi · Mendeskripsikan proses pelapukan sebagai bukti kekuasaan Allah · Mendeskripsikan proses erosi, dan faktor-faktor penyebabnya. · Memberikan contoh bentukan yang dihasilkan oleh proses sedimentasi untuk memahami pemanfaatannya · Mengidentifikasi interaksi sosial yang sesuai dengan norma-norma yang berlaku (Sosiologi) · Mengidentifikasi tindakan manusia dalam memanfaatkan sumber daya yang terbatas untuk memenuhi kebutuhan hidupnya (ekonomi) |
Tema | Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Indikator |
Masa Pra Aksara di Indonesia | 1. 1. Memahami lingkungan kehidupan manusia | 1.2 Mendeskripsikan masa pra aksara di Indonesia | · Menjelaskan pengertian dan kurun waktu masa pra aksara. · Mengedentifikasi jenis-jenis manusia pra aksara yang ada di Indonesia. · Mendeskripsikan kehidupan pada masa pra aksara di Indonesia. · Mengidentifikasi peralatan-peralatan yang digunakan manusia pra aksara. · Mengidentifikasi peninggalan-peninggalan kebudayaan pada masa pra aksara. · Mendeskripsikan proses kedatangan dan persebaran nenek mpyang bangsa Indonesia. · Mengidentifikasi dampak nomaden (Geografi) · Perubahan pola hidup pada masa pra aksara (Nomaden ke zedenter) (sosiologi) · Kehidupan ekonomi pada masa pra aksara |
Leave a Reply