PENGEMBANGAN TEMA IPS TERPADU
Kelas VII
MODEL   INTEGRATED
Tema  |     Standar    Kompetensi  |     Kompetensi    Dasar  |     Indikator  |    
Gunung Slamet  |    1.  Memahami   lingkungan kehidupan manusia  2.  Memahami      Kehidupan       Sosial    Manusia 3.  Memahami Usaha      Manusia   Memenuhi kebutuhan  |    1.1  Mendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi,   proses pembentukan dan dampaknya terhadap kehidupan  |    ·    Menjelaskan gejala vulkanisme, bentuk   gunung Slamet,  penganggulangan   bencana. ·       Menjelaskan kondisi alam gunung slamet  ·       Menjelaskan proses erosi, penyebab, dan upaya   penanggulangannya di  sepanjang  sungai    di kaki Gunung Slamet  |   
2.1  Mendeskripsikan interaksi sebagai proses   sosial  |    ·       Menjelaskan kehidupan sosial budaya  di kawasan gunung Slamet ·       Menanamkan nilai-nilai kepedulian   lingkungan dan sosial (nilai karakter bangsa) bagi warga di Kawasan gunung   Slamet  |   ||
2.3Mengidentifikasi bentuk-bentuk   interaksi social  |    ·        Menjelaskan syarat-syarat terjadinya interaksi sosial  ·        Mengidentifikasi bentuk-bentuk interaksi sosial  di    kawasan gunung Slamet  |   ||
2.4 Menguraikan proses interaksi   sosial  |    ·                    Mendeskripsikan proses pendakian gunung   Slamet  |   ||
3.1 Mendeskripsikan manusia    sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral dalam kaitannya   dengan usaha memenuhi kebutuhan dan pemanfaatan sumber daya yang tersedia  |    ·           Mendeskripsikan hakekat manusia sebagai  ekonomi dan makhluk sosial yang bermoral     ·           Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk sosial dan ekonomi   yang bermoral dalam memanfaatkan sumber daya alam  gunung Slamet ·           Mewujudkan hubungan yang harmonis antar manusia  di kaki  gunung  Slamet sebagai makhluk sosial dan ekonomi   yang bermoral  |   ||
Wisata Banyumas  |    4.3  Mendeskripsikan kondisi geografis dan   penduduk (Semester 2)  |    ·           Mengidentifikasi   geografis  Banyumas ·           Mengidentifikasi   persebaran daerah wisata Banyumas ·           Mendeskripsikan   karakteristik  penduduk Banyumas   |   |
2.2Mendeskripsikan sosialisasi sebagai proses pembentuk-an   kepribadian  |    ·           Mendeskripsikan   sosilasisasi sebagai proses pembentukan kepribadian    ·        Menanaman nilai kewirausahaan : (inisiatif,   kreatif, inovatif,) bagi warga Banyumas  |   ||
3.2Mengidentifikasikan tindakan ekonomi berdasarkan motif dan prisip   ekonomi dalam kegiatan sehari-hari  |    ·           Mengidentifikasi   kegiatan ekonomi di kawasan wisata Banyumas ·           Mendeskripsikan   tidakan ekonomi  dalam memanfaatkan   sumber daya wisata  daerah Banyumas  ·           Mengidentifikasi   macam-macam motif ekonomi dan motif non ekonomi dalam memanfaatkan sumber   daya Banyumas  |   ||
3.3 Mengungkapkan gagasan kreatif dalam tindakan ekonomi untuk mencapai kemandirian   dan kesejahteraan   |    ·           Mendeskripsikan   Batik Banyumas sebagai potensi wisata ·           Mendiskripsikan   wisata kuliner di Banyumas ·           Mengidentifiksi      home industry  sebagai potensi  daerah wisata di Banyumas  |   
MODEL CONNECTED/CORELATED
Tema  |     Standar    Kompetensi  |     Kompetensi    Dasar  |     Indikator  |    
Keragaman Bentuk Muka Bumi  |    1.      Memahami   lingkungan kehidupan manusia 2.    Memahami kehidupan sosial manusia 3.    Memahami kegiatan ekonomi masyarakat  |    1.1  Mendeskripsikan   keragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan, dan dampaknya terhadap   kehidupan 2.1 Mendes- kripsikan interaksi sebagai proses social 3.2  Mengi-dentifikasi tindakan ekonomi  berdasar kan motif dan prinsip ekonomi   dalam berbagai kegiatan sehari-hari  |    ·   Mendeskripsikan  tenaga endogen   yang menyebabkan   terjadinya     bentuk muka bumi,sebagai salah satu   bukti kekuasaan Allah ·   Mendeskripsikan/menguraikan gejala diastropisme dan vulkanisme serta   sebaran tipe gunung api  ·   Menunjukkan sebaran  tipe gunung   api di Indonesia dengan tepat ·    Mengidentifikasi/menjelaskan faktor-faktor   penyebab terjadinya gempa bumi dan akibat yang ditimbulkannya sebagai bukti   kekuasaan Allah  ·   Mengindentifikasi/menyebutkan jenis batuan berdasarkan proses pembentukannya ·   .Mengidentifiasi pemanfaatan jenis-jenis batuan  dalam kehidupan sosial ekonomi ·   Mendeskripsikan  proses pelapukan   sebagai bukti kekuasaan Allah ·   Mendeskripsikan  proses erosi, dan   faktor-faktor penyebabnya. ·     Memberikan contoh bentukan  yang dihasilkan oleh proses sedimentasi   untuk memahami pemanfaatannya ·     Mengidentifikasi interaksi sosial   yang sesuai dengan   norma-norma yang berlaku (Sosiologi) ·  Mengidentifikasi tindakan  manusia dalam memanfaatkan sumber daya yang   terbatas untuk memenuhi kebutuhan hidupnya (ekonomi)  |   
Tema  |     Standar    Kompetensi  |     Kompetensi    Dasar  |     Indikator  |    
Masa Pra   Aksara di Indonesia  |    1.         1.      Memahami lingkungan kehidupan manusia  |    1.2 Mendeskripsikan masa pra aksara di Indonesia  |    ·           Menjelaskan   pengertian dan kurun waktu masa pra aksara. ·           Mengedentifikasi    jenis-jenis manusia pra aksara yang   ada di Indonesia. ·           Mendeskripsikan   kehidupan pada masa pra aksara di Indonesia. ·           Mengidentifikasi   peralatan-peralatan yang digunakan manusia pra aksara. ·           Mengidentifikasi   peninggalan-peninggalan kebudayaan pada masa pra aksara. ·           Mendeskripsikan   proses kedatangan dan persebaran nenek mpyang bangsa Indonesia. ·           Mengidentifikasi   dampak nomaden (Geografi) ·           Perubahan    pola hidup pada masa pra aksara (Nomaden ke zedenter) (sosiologi) ·           Kehidupan ekonomi pada  masa    pra aksara  |   





Leave a Reply