SEMESTER 1
SILABUS IPS TERPADU
TAHUN PELAJARAN 2011/2012
NAMA : Dra Saptari Darma Wijayanti
NIP : 19630921 200012 2 001
UNIT KERJA : SMP NEGERI 1 KARANGLEWAS
KABUPATEN BANYUMAS
SILABUS IPS TERPADU
SEMESTER 1
Model Integrated I
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah :SMP NEGERI 1 KARANGLEWAS
Kelas : VIII (Delapan)
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Semester : 1 (satu)
Tema : Urbanisasi
Model : Integrated (Terpadu)
Standar Kompetensi:
1. Memahami permasalahan sosial berkaitan dengan pertumbuhan jumlah penduduk
2. Memahami proses kebangkitan nasional.
3. Memahami masalah penyimpangan sosial
4. Memahami kegiatan pelaku ekonomi di masyarakat
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | Karakter | |||
TM | TMT | TMTT | Teknik | Bentuk Instrumen | ||||||
1.2 Mengidentifi-kasi permasa-lahan kepen-dudukan dan upaya penan-ggulangannya | - Pertumbuhan penduduk - Jenis-jenis migrasi - Faktor penyebab migrasi - Dampak migrasi - Penanggulangan migrasi | Diskusi tentang faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk Membaca buku referensi tentang jenis-jenis migrasi Diskusi tentang faktor penyebab migrasi Diskusi tentang dampak positif dan negatif migrasi Diskusi tentang cara menanggulangi dampak negatif migrasi penduduk | · | · | · Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk (kelahiran, kematian dan migrasi). · Mengidentifikasi jenis-jenis migrasi · Mengidentifikasi faktor penyebab migrasi · Menganalisis dampak positif dan negatif migrasi · Menjelaskan cara menanggulangi dampak negatif migrasi penduduk | Tes tertulis Tes tertulis Unjuk kerja Unjuk kerja Unjuk kerja | Daftar Pertanyaan (Tes uraian) Daftar Pertanyaan (Tes uraian) Lembar observasi Lembar observasi Lembar observasi | 6 x 40 menit | Buku BSE Kelas 8 Peta migrasi Gambar-gambar yang relefan LKS | Rasa Ingin tahu Komunikatif Peduli lingkungan |
1.4 Mendeskripsi kan permasa lahan kependu dukan dan dampaknya terhadap pembangunan | Kwalitas dan Kwantitas Penduduk Kebijakan penanggulangan urbanisasi | Diskusi tentang permasalahan kependudukan sebagai dampak adanya urbanisasi Diskusi tentang alternatif penanggulangan dampak negatif urbanisasi · | Membuat resume tentang migrasi penduduk dan dam-paknya | Membuat kliping tentang permasalahan urbanisasi | · Mengidentifikasi permasalahan kependudukan sebagai dampak adanya urbanisasi. · Menjelaskan alternatif penanggulangan dampak negatif urbanisasi | Unjuk kerja Unjuk kerja | Lembar observasi Lembar observasi | Buku BSE Kelas 8 Peta migrasi Gambar-gambar yang relefan LKS | Rasa Ingin tahu Komunikatif Peduli lingkungan | |
3.1 Mengidentifikasi berbagai penyakit sosial (miras, judi, narkoba, HIV/ Aids, PSK, dsb) sebagai akibat penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat | Bentuk-bentuk penyimpangan sosial di keluarga dan masyarakat Akibat penyimpangan sosial | Diskusi untuk bentuk-bentuk penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat Diskusi dan tanya jawab tentang contoh penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat Diskusi tentang akibat penyimpangan sosial di masyarakat · | · | · | · Mengidentifikasi bentuk-bentuk penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat · Memberi contoh penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat · Mengidentifikasi akibat penyimpangan sosial di masyarakat | Tes tertulis Tes tertulis Tes tertulis | Daftar Pertanyaan (Tes Piihan ganda) Daftar Pertanyaan (Tes Piihan ganda) Daftar Pertanyaan (Tes Piihan ganda | Buku BSE Kelas 8 Gambar-gambar yang relefan LKS | Rasa Ingin tahu Komunikatif Peduli lingkungan Peduli sosial | |
3.2 Mengidentifikasi berbagai upaya pencegahan penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat | Pengendalian Penyimpangan sosial | Diskusi tentang upaya pencegahan penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat akibat urbanisasi · | Terstruktur: Membuat resume tentang penyimpangan sosial sebagai dampak urbanisasi · | · | · Mengidentifikasi berbagai upaya pencegahan penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat | Tes tertulis Produk | Daftar Pertanyaan (Tes Piihan ganda) Lembar Observasi | Rasa Ingin tahu Komunikatif Peduli lingkungan Peduli sosial | ||
4.1 Mendeskripsi kan hubungan antara kelangkaan sumber daya dengan kebutuhan manusia yang tidak terbatas | Faktor-faktor penyebab kelangkaan Upaya Mengatasi kelangkaan Jenis-jenis kebutuhan | Diskusi tentang kelangkaan dan faktor-faktor penyebab terjadinya kelangkaan Diskusi tentang usaha-usaha manusia dalam mengatasi kelangkaan Diskusi dan tanya jawab tentang jenis kebutuhan Diskusi tentang Jenis-jenis alat pemuas kebutuhan | Terstruktur: Membuat resume tentang kelangkaan sumberdaya dan jenis-jenis kebutuhan | · Mendeskripsikan arti kelangkaan dan faktor-faktor penyebab terjadinya kelangkaan · Mengidentifikasi usaha-usaha manusia dalam mengatasi kelangkaan · Mengidentifikasi jenis kebutuhan · Mengidentifikasi Jenis-jenis alat pemuas kebutuhan | Tes tertulis Non tes | Tes uraian Pilihan ganda Lembar observasi | Buku BSE Kelas 8 Gambar-gambar yang relefan Kartu diskusi LKS | Rasa Ingin tahu Komunikatif Peduli lingkungan Peduli sosial |
Model Integrated 2
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah :SMP NEGERI 1 KARANGLEWAS
Kelas : VIII (delapan)
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Semester : 1 (satu)
Tema : Pengaruh Asing di Indonesia
Model : Integrated (Terpadu)
Standar Kompetensi:
1. Memahami permasalahan sosial berkaitan dengan pertumbuhan jumlah penduduk
2. Memahami proses kebangkitan nasional Memahami permasalahan sosial berkaitan dengan pertumbuhan jumlah penduduk
3. Memahami masalah penyimpangan sosial
4. Memahami kegiatan pelaku ekonomi di masyarakat
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Aloka-si Waktu | Sumber Belajar | Karakter | |||
TM | TMT | TMTT | Teknik | Bentuk Instrumen | ||||||
1.1 Mendeskripsikan kondisi fisik wilayah dan penduduk | Letak geografis Indonesia (posisi geografis dan letak geografis). Kaitan letak geografis dengan iklim dan waktu di Indonesia. Musim di Indonesia. Persebaran flora dan fauna Indonesia dan kaitannya dengan pembagian wilayah Wallacea dan Weber. Persebaran jenis tanah di Indonesia. Pemanfatan berbagai jenis tanah di Indonesia. | Mengamati peta tentang posisi geografis dan letak geografis Indonesia. Tanya jawab tentang kaitan letak geografis dengan iklim di Indonesia. Mengkaji kaitan letak geografis dengan waktu dan perubahan musimdi Indonesia. Membuat peta persebaran flora dan fauna Indonesia. Diskusi tentang peta tentang persebaran jenis tanah di dn manfaatnya di Indonesia. | Membuat peta persebaran fauna di Indonesia | Membuat peta pola angin mus on di Indoneisa Membuat daftar tentang jenis tanah dan manfaatnya di Indonesia | · Menunjukkan letak geografis (posisi geografis, letak geografis) Indonesia. · Menganalisis hubungan posisi geografis dengan perubahan musim di Indonesia. · Mengidentifikasi penyebab terjadinya perubahan musim dan menentukan bulan berlangsungnya musim hujan dan musim kemarau di wilayah Indonesia. · Menyajikan informasi persebaran flora dan fauna tipe Asia, tipe Australia serta kaitannya dengan pembagian wilayah Wallacea dan Weber. · Mendeskripsikan persebaran jenis tanah dan pemanfaatannya di Indonesia. · | Unjuk kerja Tes tulis Produk Tes tulis Unjuk kerja | Lembar pengamatan Daftar pertanyaan (tes Uraian) Chek list Daftar pertanyaan (Soal Pilihan ganda) Lembar pengamatan | Buku BSE Kelas 8 Peta migrasi Gambar-gambar yang relefan LKS | Berpikir logis, kritis, kreatif, inovatif Kerja keras Peduli sosial dan lingkun-gan | |
· | · | - | ||||||||
2.1 2.1 menjelaskan proses perkembangan kolonialisme dan imperialisme Barat, serta pengaruh yang ditimbulkannya di berbagai daerah | Kebijakan-kebijakan pemerintah, kolonial P engaruh yang ditimbulkan oleh kebijakan –kebijakan pemerintah kolonial di berbagai daerah Bentuk –bentuk perlawanan rakyat dalam menentang kolonialisme Barat diberbagai daerah Daerah-daerah persebaran agama Nasrani | Membaca referensi tentang contoh kebijakan-kebijakan pemerintah kolonial Menelaah pengaruh yang ditimbulkan oleh kebijakan- kebijakan pemerintah kolonial di berbagai daerah dengan diskusi kelompok Menelaah bentuk-bentuk perlawanan rakyat dalam menentang kolonialisme Barat di berbagai daerah dengan membaca referensi dan mengamati gambar Membaca dan membuat peta daerah-daerah persebaran agama Kristiani · | Mengidentifikasi kebijakan-kebijaka pemerintah kolonial Mengidentifikasi pengaruh yang ditimbulkan oleh kebijakan –kebijakan pemerintah kolonial di berbagai daerah · Mendeskripsikan bentuk-bentuk perlawanan rakyat dalam menentang kolonialisme Barat diberbagai daerah · Mengidentifikasi daerah –daerah persebaran agama Kristiani | Tes Tulis Tes tulis Tes tertlis | Tes Uraian Tes Uraian Tes pilihan ganda Tes Uraian | Buku BSE Kelas 8 Peta migrasi Gambar-gambar yang relefan LKS | - Berpikir logis, kritis, kreatif, inovatif - Kerja keras Peduli sosial dan lingkungan |
MODEL CONECTED
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah :SMP NEGERI 1 KARANGLEWAS
Kelas : VIII (delapan)
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Semester : 1 (Satu)
Tema : Kesadaran Nasional dan Pergerakan Kebangsaan Indonesia
Standar Kompetensi:
2Memahami permasalahan sosial berkaitan dengan pertumbuhan jumlah penduduk
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | Karakter | |||
TM | TMT | TMTT | Teknik | Bentuk Instrumen | ||||||
2.2 Menguraikan proses terbentuknya kesadaran nasional, Identitas Indonesia, dan perkembangan pergerakan kebangsaaan Indonesia | Letak geografis Indoneisa Perkembangan pendidikan Barat dan perkembangan pendidikan Islam terhadap munculnya nasionalisme Indonesia Peranan golongan terpelajar ,profesional dan pers dalam menumbuh kembangkan kesadaran nasional Indonesia Perkembangan pergerakan nasional dari yang bersifat etnik ,kedaerahan ,keagamaan sampai terbentuknya nasinalisme Indonesia Peran manifesto politik 1925 ,Konggres Pemuda 1928 dan Konggres Perempuan Pertama dalam proses pembentukan identitas kebangsaan Indonesia | Membaca buku referensi tentang perkembangan pendidikan Barat dan perkembangan pendidikan Islam terhadap munculnya nasionalisme Indonesia Mensurvei peranan golongan terpelajar ,profesional dan pers dalam mengembangkan wilayah dan lingkungannya kemudian membandingkan dengan peranan golongan terpelajar ,profesionaldan pers pada masa pergerakan nasional Membaca buku referensi tentang perkembangan pergerakan nasional dari yang bersifat etnik ,kedaerahan ,keagamaan sampai terbentuknya nasionalisme Indonesia Menelaah peran manifesto politik 1928,dan Konggres Pemuda 1928,dan Konggres Perempuan Pertama dalam proses pembentukan identitas kebangsaan Indonesia dengan membaca buku referensi dan mengamati gambar | · | · | Menjelaskan letak geografis Indoneisa Menjelaskan pengaruh perluasan kekuasaan kolonial , perkembangan pendidikan Barat ,dan perkembangan pendidikan islam terhadap munculnya nasionalisme Indonesia · Mendiskripsikan peranan golongan terpelajar ,profesional ,dan pers dalam menumbuh kembangkan kesadaran nasional Indonesia · Mendiskripsikan perkembangan pergerakan nasional dari yang bersifat etnik, kedaerahan , keagamaan sampai terbentuknya nasionalisme Indonesia · Mendiskripsikan peran manifesto politik 1925, Konggres Pemuda 1928, dan Konggres Perempuan Pertama dalam proses pembentukan identitas kebangsaan Indonesia Mengidentifikasi kesadaran bangsa Indonesia dari berbagai daerah menuju kesepahaman nasional Menjelsakan macam-macam kebutuhan menurut sifatnya | Tes tulis Penugasan Tes tulis Portofolio | Tes pilihan ganda Tugas proyek Tes Uraian Dokumen pekerjaan | Buku BSE Kelas 8 Peta migrasi Gambar-gambar yang relefan LKS | - Berpikir logis, kritis, kreatif, inovatif - Kerja keras Peduli sosial dan lingkungan |
MODEL CONECTED
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah :SMP NEGERI 1 KARANGLEWAS
Kelas : VIII (delapan)
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Semester : 1 (satu)
Tema : Pasar
Standar Kompetensi:
1. Memahami permasalahan sosial berkaitan dengan pertumbuhan jumlah penduduk
2. Memahami masalah penyimpangan sosial
4. Memahami kegiatan pelaku ekonomi di masyarakat
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | Karakter | |||
TM | TMT | TMTT | Teknik | Bentuk Instrumen | ||||||
4.3 Mengidentifikasi bentuk pasar dalam kegiatan ekonomi masyarakat 2.1 | Menjelasakan sejarah pasar di Indonesia Pengertian, fungsi, dan peranan pasar bagi masyarakat. Syarat-syarat terjadinya pasar Macam-macam pasar dan contoh-contohnya Perbedaan pasar konkrit dan pasar abstrak Menjelaskan musim di Indonesia terkait dengan komoditi barang perdagangan Memberikan contoh penyimpangan social yang terjadi di pasar Menjelaskan upaa penanggulangan penyimpangan social di pasar | Mendefinisikan pengertian pasar, Fungsi pasar, dan Peranan pasar Mengidentifikasi tentang syarat -syarat terjadinya pasar. Mendiskusikan macam-macam pasar, dan contoh pasar Membedakan pasar kongkrit dan pasar abstrak | · | · | · · Menjelaskan pengertian, fungsi, dan peranan pasar bagi masyarakat · Mengidentifikasi syarat-syarat terjadinya pasar · Mengklasifikasi macam-macam pasar beserta contohnya masing-masing · Mengidentifikasi ciri -ciri pasar konkrit dan pasar abstrak serta menyebutkan contoh-contohnya | Tes tulis Tes Lisan Tes tulis | Tes pilihan ganda Lembar pertanyaan T es Uraian | Buku BSE Kelas 8 Peta migrasi Gambar-gambar yang relefan LKS | - Berpikir logis, kritis, kreatif, inovatif - Kerja keras Peduli sosial dan lingkungan |
SEMESTER 2
Model Integrated I
SILABUS
Sekolah : SMP Diklat Malang
Kelas : VIII ( Delapan )
Mata Pelajaran : IPS
Semester : 2
Tema : INDONESIA MENUJU KEBEBASAN
Standar Kompetensi : 1. Memahami permasalahan sosial berkaitan dengan pertumbuhan jumlah penduduk
5. Memahami usaha persiapan kemerdekaan.
6. Memahami pranata dan penyimpangan sosial
KD | Materi | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi | Sumber belajar | Nilai Karakter | |||
TM | TMT | TMTT | Teknik | Bentuk instrumen | ||||||
1.1 Mendeskripsikan kondisi fisik wilayah dan penduduk 5.1 Mendeskripsikan peristiwa-peristiwa sekitar proklamasi dan proses terbentuknya negara kesatuan Republik Indonesia | · Kondisi fisik wilayah dan penduduk Indonesia · Perbedaan perspektif antar kelompok sekitar proklamasi kemerdekaan · Kronologi proklamasi Kemerdekaan Indonesia · Proses penyebaran berita tentang proklamasi kemerdekaan dan sikap rakyat di berbagai daerah. · Proses terbentuknya Negara dan pemerintah Republik Indonesia beserta kelengjapannya dengang sidang PPKI | Tatap muka: Menjelaskan kondisi fisik dan penduduk Indonesia Diskusi tentang peristiwa menjelang kemerdekaan Presentasi hasil diskusi. | · | · | · Mengidentifikasi tempat-tempat yang berhubungan dengan peristiwa menjelang proklamasi · Melacak perbedaan perspektif antar kelompok sekitar proklamasi kemerdekaan Indonesia. · Menyusun kronologi proklamasi kemerdekaan Indonesia. · Mendeskripsikan secara kronologis proses penyebaran berita tentang proklamasi kemerdekaan dan sikap rakyat di berbagai daerah. · Menjelaskan proses terbentuknya negara dan pemerintah Republik Indonesia beserta kelengkapanya dengan sidang PPKI. | Performen tes Tes tertulis Non tes | Tes tertulis Pilihan Ganda | 4x 40 menit | Peta Indonesia Buku BSE Buku IPS kelas VIII Gambar-gambar -Tempat bersejarah. ( museum ) | · Cinta Tanah Air · Tanggung jawab |
Penugasan Tersetruktur : _ Peserta didik mengerjakan soal yang tertuls dalam kartu soal. | MTT : -Memmberi pertanyaan pada siswa dan siswa menjawab sesuai dengan pertanyaaan. | · Gemar membaca · Tanggung jawab · Cita damai · Komunikatif · Semangat kebangsaan · Rasa ingin tahu · Demokratis · Kerja keras |
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah :SMP NEGERI 1 KARANGLEWAS
Kelas : VIII (delapan)
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Semester : 2 (Dua)
Tema : Dinamika Penduduk Indonesia
Standar Kompetensi:
1. Memahami permasalahan sosial berkaitan dengan pertumbuhan jumlah penduduk
2. Memahami masalah penyimpangan sosial
4. Memahami kegiatan pelaku ekonomi di masyarakat
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | Karakter | |||
TM | TMT | TMTT | Teknik | Bentuk Instrumen | ||||||
1.4 Mendeskripsikan permasalahan kependudukan dan dampaknya terhadap pembangunan | Permasalahan penduduk Indonesia (kuantitas dan kualitas). Dampak dari permasalahan penduduk terhadap pembangunan | Diskusi tentang permasalahan penduduk (kuantitas dan kualitas). Mencari berita/artikel tentang dampak permasalahan penduduk terhadap pembangunan. | · | · | · Menjelaskan permasalahan kuantitas penduduk (kuantitas dan kualitas). · Mengidentifikasi dampak permasalahan penduduk terhadap pembangunan. · | Tes tulis Tes tulis | Tes Uraian Tes Uraian | Buku BSE Kelas 8 Peta migrasi Gambar-gambar yang relefan LKS | - Berpikir logis, kritis, kreatif, inovatif - Kerja keras Peduli sosial dan lingkungan | |
3.2 engidentifikasi berbagai upaya pencegahan penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat | Akibat penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat. Faktor-faktor penyebab terjadinya penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat Upaya-upaya pencegahan penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat. | Diskusi tentang akibat dari penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat. Mengkaji faktor-faktor penyebab terjadinya penyimpangan sosial. Diskusi tentang upaya-upaya pencegahan penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat. | · | · | · Mengidentifikasi akibat penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat. · Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab terjadinya penyimpangan sosial, · | Penugasan Tes tulis Tes tulis | Tugas rumah Tes Uraian Tes Uraian | Buku BSE Kelas 8 Peta migrasi Gambar-gambar yang relefan LKS | ||
7.1 Mendeskripsikan permasalahan angkatan kerja dan tenaga kerja sebagai sumber daya dalam kegiatan ekonomi, serta peranan pemerintah dalam upaya penanggulangannya | Pengertian tenaga kerja, angkatan kerja dan kesempatan kerja Hubungan antara jumlah penduduk, angkatan kerja, kesempatan kerja dan pengangguran. Permasalahan tenaga kerja Indonesia. Dampak pengangguran terhadap keamanan lingkungan. Peningkatan mutu tenaga kerja Peranan pemerintah dalam mengatasi masalah tenaga kerja di Indonesia | Mendeskripsikan pengertian tenaga kerja, angkatan kerja, dan kesempatan kerja Mendiskusikan hubungan antara jumlah penduduk dengan angkatan kerja, kesempatan kerja dan pengangguran. Tanya jawab tentang permasalahan dasar yang berhubungan dengan tenaga kerja di Indonesia Mendiskusikan dampak pengangguran terhadap keamanan lingkungan Mendiskusikan cara meningkatkan mutu tenaga kerja Indonesia Tanya jawab tentang peranan pemerintah dalam mengatasi masalah tenaga kerja · | · | · | · Menjelaskan pengertian tenaga kerja, angkatan kerja dan kesempatan kerja · Menganalisis hubungan antara jumlah penduduk, angkatan kerja, kesempatan kerja dan pengangguran * Mengidentifikasi permasalahan dasar yang berhubungan dengan tenaga kerja di Indonesia (jumlah, mutu, persebarandan angka pengangguran) · Mengidentifikasi dampak pengangguran terhadap keamanan lingkungan · Mengidentifikasi peningkatan mutu tenaga kerja · Mengidentifikasi peranan pemerintah dalam mengatasi masalah tenaga kerja di Indonesia | Tes tulis Tes tulis Tes tulis Obsevasi Tes tertulis Tes tulis | Tes Uraian Tes Uraian Tes Uraian Tes pilihan ganda Lembar Observasi Tes Uraian Tes Uraian | Buku BSE Kelas 8 Peta migrasi Gambar-gambar yang relefan LKS | - Berpikir logis, kritis, kreatif, inovatif - Kerja keras Peduli sosial dan lingkungan | |
7.2 Mendeskripsikan pelaku-pelaku ekonomi dalam sistem perekonomian Indonesia | Sistem perekonomian Indonesia -Pelaku-pelaku kegiatan per- ekonomi di Indonesia Ciri-ciri utama perekonomi-an Indonesia . Kebaikan dan kelemahan sistem perekonomian Indonesia. | Mendiskusikan Pengertian sistem Perekonomian Tanya jawab tentang macam-macam sistem Perekonomian, kebaikan dan kelemahannya setelah membaca literatur tertentu Membaca buku yg relefan dan menduiskusikan tentang ciri-ciri sistem perekonomian Indonesia. Tanya jawab tentang kebaikan dan kelemahan sistem perekono mian Indonesia. | · | · | · Mendeskripsikan arti sistem perekonomian dan macam-macamnya · Mengidentifikasi kebaikan dan kelemahan macam-macam sistem ekonomi · Mengidentifikasi ciri-ciri utama perekonomian Indonesia · Mengidentifikasi kebaikan dan kelemahan sistem perekonomian Indonesia | Tes Tertuis Tes Lisan Penugasan Tes tulis | Tes Uraian Lembar pertanyaan Pekerjaan Rumah Tes uraian | Buku BSE Kelas 8 Peta migrasi Gambar-gambar yang relefan LKS | - Berpikir logis, kritis, kreatif, inovatif - Kerja keras Peduli sosial dan lingkungan |
Model Integrated I
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah :SMP NEGERI 1 KARANGLEWAS
Kelas : VIII (delapan)
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Semester : 2 (Dua)
Tema : Indonesia Merdeka
Model : Integrated (Terpadu)
Standar Kompetensi:
1. Memahami permasalahan sosial berkaitan dengan pertumbuhan jumlah penduduk
2. Memahami masalah penyimpangan sosial
4. Memahami kegiatan pelaku ekonomi di masyarakat
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | Karakter | ||||
TM | TMT | TMTT | Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
1.1 Mendeskripsikan kondisi fisik wilayah dan penduduk | Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk. - Jenis-jenis migrasi - Faktor-faktor penyebab migrasi. - Dampak positif dan negatif migrasi dan usaha penanggulangan dampak negatif migrasi. - | · | · | Mengidentifikasi tempat yang berhubungan dengan peristiwa menjelang proklamasi | - | ||||||
1.2 Mengidentifikasi permasalahan kependudukan dan upaya penanggulangannya | Permasalahan penduduk Indonesia (kuantitas dan kualitas). Dampak dari permasalahan penduduk terhadap pembangunan | Diskusi tentang permasalahan penduduk (kuantitas dan kualitas). Mencari berita/artikel tentang dampak permasalahan penduduk terhadap pembangunan. | · | · | · Menjelaskan permasalahan kuantitas penduduk (kuantitas dan kualitas). · Mengidentifikasi dampak permasalahan penduduk terhadap pembangunan. · | Tes tulis Tes tulis | Tes Uraian Tes Uraian | Sebutkan t iga permasalahan utama bidang kependudukan di Indonesia. Jelaskan pengaruh kepadatan penduduk yang tidak merata bagi pembangunan di daerah yang jarang penduduknya. | Buku BSE Kelas 8 Peta migrasi Gambar-gambar yang relefan LKS | - Berpikir logis, kritis, kreatif, inovatif - Kerja keras Peduli sosial dan lingkungan | |
3.2 engidentifikasi berbagai upaya pencegahan penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat | Akibat penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat. Faktor-faktor penyebab terjadinya penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat Upaya-upaya pencegahan penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat. | Diskusi tentang akibat dari penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat. Mengkaji faktor-faktor penyebab terjadinya penyimpangan sosial. Diskusi tentang upaya-upaya pencegahan penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat. | · | · | · Mengidentifikasi akibat penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat. · Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab terjadinya penyimpangan sosial, · | Penugasan Tes tulis Tes tulis | Tugas rumah Tes Uraian Tes Uraian | Cari dan kumpulkan informasi tentang akibat penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat. Jelaskan faktor-faktor penyebab terjadinya penyimpangan sosial! Sebutkan upaya-upaya untuk mencegah penyimpangan sosial! | Buku BSE Kelas 8 Peta migrasi Gambar-gambar yang relefan LKS | ||
7.1 Mendeskripsikan permasalahan angkatan kerja dan tenaga kerja sebagai sumber daya dalam kegiatan ekonomi, serta peranan pemerintah dalam upaya penanggulangannya | Pengertian tenaga kerja, angkatan kerja dan kesempatan kerja Hubungan antara jumlah penduduk, angkatan kerja, kesempatan kerja dan pengangguran. Permasalahan tenaga kerja Indonesia. Dampak pengangguran terhadap keamanan lingkungan. Peningkatan mutu tenaga kerja Peranan pemerintah dalam mengatasi masalah tenaga kerja di Indonesia | Mendeskripsikan pengertian tenaga kerja, angkatan kerja, dan kesempatan kerja Mendiskusikan hubungan antara jumlah penduduk dengan angkatan kerja, kesempatan kerja dan pengangguran. Tanya jawab tentang permasalahan dasar yang berhubungan dengan tenaga kerja di Indonesia Mendiskusikan dampak pengangguran terhadap keamanan lingkungan Mendiskusikan cara meningkatkan mutu tenaga kerja Indonesia Tanya jawab tentang peranan pemerintah dalam mengatasi masalah tenaga kerja · | · | · | · Menjelaskan pengertian tenaga kerja, angkatan kerja dan kesempatan kerja · Menganalisis hubungan antara jumlah penduduk, angkatan kerja, kesempatan kerja dan pengangguran * Mengidentifikasi permasalahan dasar yang berhubungan dengan tenaga kerja di Indonesia (jumlah, mutu, persebarandan angka pengangguran) · Mengidentifikasi dampak pengangguran terhadap keamanan lingkungan · Mengidentifikasi peningkatan mutu tenaga kerja · Mengidentifikasi peranan pemerintah dalam mengatasi masalah tenaga kerja di Indonesia | Tes tulis Tes tulis Tes tulis Obsevasi Tes tertulis Tes tulis | Tes Uraian Tes Uraian Tes Uraian Tes pilihan ganda Lembar Observasi Tes Uraian Tes Uraian | Jelaskan pengertian tentang : - - tenaga kerja - angkatan kerja - kesempatan kerja Coba diskusikan bagaimana hubungan antara jumlah penduduk, angkatan kerja, kesempatan kerja dan pengangguran Apa permasalahan dasar tentang tenaga kerja di Indonesia? Jelaskan 3 dampak negatif banyaknya pengangguran di suatu daerah ! Jelaskan bagaimana cara meningkatkan mutu tenaga kerja di indonesia? Sebutkan 4 lembaga baik formal maupun non formal yang turut serta dalam penyaluran tenaga kerja ! | Buku BSE Kelas 8 Peta migrasi Gambar-gambar yang relefan LKS | - Berpikir logis, kritis, kreatif, inovatif - Kerja keras Peduli sosial dan lingkungan | |
7.2 Mendeskripsikan pelaku-pelaku ekonomi dalam sistem perekonomian Indonesia | Sistem perekonomian Indonesia -Pelaku-pelaku kegiatan per- ekonomi di Indonesia Ciri-ciri utama perekonomi-an Indonesia . Kebaikan dan kelemahan sistem perekonomian Indonesia. | Mendiskusikan Pengertian sistem Perekonomian Tanya jawab tentang macam-macam sistem Perekonomian, kebaikan dan kelemahannya setelah membaca literatur tertentu Membaca buku yg relefan dan menduiskusikan tentang ciri-ciri sistem perekonomian Indonesia. Tanya jawab tentang kebaikan dan kelemahan sistem perekono mian Indonesia. | · | · | · Mendeskripsikan arti sistem perekonomian dan macam-macamnya · Mengidentifikasi kebaikan dan kelemahan macam-macam sistem ekonomi · Mengidentifikasi ciri-ciri utama perekonomian Indonesia · Mengidentifikasi kebaikan dan kelemahan sistem perekonomian Indonesia | Tes Tertuis Tes Lisan Penugasan Tes tulis | Tes Uraian Lembar pertanyaan Pekerjaan Rumah Tes uraian | Jelaskan arti sistem perekonomian Sebutkan kebaikan dan kelemahan sistem perekonomian liberal Sebutkan Ciri-ciri sistem perekonomian Indonesia! Sebutkan kebaikan dan kelemahan sistem perekonomian Indonesia | Buku BSE Kelas 8 Peta migrasi Gambar-gambar yang relefan LKS | - Berpikir logis, kritis, kreatif, inovatif - Kerja keras Peduli sosial dan lingkungan |
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah :SMP NEGERI 1 KARANGLEWAS
Kelas : VIII (delapan)
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Semester : 2(Dua)
Tema : Persiapan Kemerdekaan Indonesia
Model : Connected
Standar Kompetensi:
1
kegiatan pelaku ekonomi di masyarakat
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | Karakter | ||||
TM | TMT | TMTT | Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
5.2 Menjelaskan proses persiapan kemerdekaan Indonesia (conected | Proses terbentuknya negara dan pemerintah Republik Indonesia dengan sidang PPKI Dukungan dari berbagai daerah berupa dukungan spontan dan tindakan heroik dari berbagai daerah | Menelaah proses terbentuknya negara dan pemerintahan Republik Indonesia dengan sidang-sidang PPKI;tanggal 18 ,19 dan 22 Agustus 1945 Membaca buku referensi dan mengamati gambar dukungan spontan dan tindakan heroik dari berbagai daerah | · | · | · Menjelaskan proses terbentuknya negara dan pemerintah Republik Indonesia beserta kelengkapanya dengan sidang PPKI · Menganalis dukungan spontan dan tindakan heroik dari berbagai daerah terhadap pembentukan negara dan pemerintah Republik Indonesia · | Tes Non Tes | Tes Uraian Produk | Jelaskan dengan sidang PPKI tanggal 18,19 dan 22 agustus 1945 berarti telah terbentuk negara dan pemerintah Republik Indonesia Kumpulkan gambar dukungan spontan dan tindakan heroik dari berbagai daerah terhadap pembentukan negara dan pemerintah Republik Indonesia dengan referensi atau sumber lain yang relefan dan berikan tanggapanmu | Buku BSE Kelas 8 Peta migrasi Gambar-gambar yang relefan LKS | - Berpikir logis, kritis, kreatif, inovatif - Kerja keras Peduli sosial dan lingkungan |
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah :SMP NEGERI 1 KARANGLEWAS
Kelas : VIII (delapan)
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Semester : 2(Dua)
Tema : Pajak
Model : Connected
Standar Kompetensi:
4. Memahami kegiatan pelaku ekonomi di masyarakat
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | Karakter | ||||
TM | TMT | TMTT | Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
7.3 endeskripsikan fungsi pajak dalam perekonomian nasional | Pengertian pajak dan retribusi. Pajak dan fungsinya bagi perekonomian nasional Perbedaan pajak pusat dan pajak daerah Perbedaan langsung dan pajak tidak langsung Fungsi dan peranan pajak dalam kehi dupan suatu negara. Jenis-jenis pajak yang ditanggung oleh keluarga. Sanksi- sanksi terhadap wajib pajak yang melalaikan ke wajibannya | Merumuskan pengertian pajak dan retribusi. Mendiskusikan sifat dan penetapan tarif pajak Mendiskusikan jenis dan unsur-unsur pajak Mendiskusikan perbedaan pajak pusat dengan pajak daerah Mendiskusikan perbedaan pajak langsung dengan pajak tidak langsung Mendiskusikan fungsi dan peranan pajak dalam kehidupan suatu negara. Mengidentifi- kasi jenis-jenis pajak yang ditanggung keluarga Mengidentifikasi sanksi- sanksi terhadap wajib pajak yang melalaikan ke wajibannya | · | · | · Mendefinisikan pengertian pajak dan retribusi. · Mengidentifikasi sifat dan penetapan tarif pajak. · Membedakan pajak langsung dengan pajak tidak langsung. · Menjelaskan perbedaan pajak pusat dengan pajak daerah beserta contohnya · Menjelaskan perbedaan pajak langsung dengan pajak tidak langsung · Menjelaskan fungsi dan peranan pajak dalam kehi dupan suatu negara. · Mengidentifikasi jenis-jenis pajak yang ditanggung oleh keluarga. · Mengidentifikasi sanksi-sanksi terhadap wajib pajak yang melalaikan kewajibannya. | Tes tulis Tes Lisan Penugasan Tes tulis Tes tulis Tes lisan - Tes tulis | Tes Uraian Daf tar Pertanyaan Tugas rumah Tes uraian Tes uraian Daftar pertanyaan Tes Uraian | Jelaskan pengertian pajak dan retribusi! Apa yang dimaksud dengan tarip pajak? Apa perbedaan pajak langsung dan pajak tidak langsung? Jelaskan perbedaan pajak pusat dan pajak daerah Jelaskan fungsi pajak bagi suatu negara Sebutkan jenis-jenis pajak yang biasa dibayar oleh keluargamu Apakah sangsi yang diberikan kepada wajib pajak yang lalai membayar pajak ? | 8 JP | Buku BSE Kelas 8 Peta migrasi Gambar-gambar yang relefan LKS | - Berpikir logis, kritis, kreatif, inovatif - Kerja keras Peduli sosial dan lingkungan |
Conected
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah :SMP NEGERI 1 KARANGLEWAS
Kelas : VIII (delapan)
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Semester : 2(Dua)
Tema : Permintaan, Penawaran, dan harga Keseimbangan
Standar Kompetensi:
1. Memahami permasalahan sosial berkaitan dengan pertumbuhan jumlah penduduk
2. Memahami masalah penyimpangan sosial
4. Memahami kegiatan pelaku ekonomi di masyarakat
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | Karakter | ||||
TM | TMT | TMTT | Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
7.4 endeskripsikan permintaan dan penawaran serta terbentuknya harga pasar | Pengertian dan faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan barang/jasa. Hukum Permintaan Kurve permintaan Pengertian penawaran dan faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran barang / jasa. Keterkaitan antara penawaran dengan harga barang yang di tawarkan. Kurve penawaran Pengertian harga Macam-macam harga (termasuk harga yang ditetapkan pemerintah. Hubungan antara permintaan dengan penawaran yang digambarkan dalam bentuk kurve harg | Merumuskan pengertian permintaan dan mendiskusikan faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan Mendiskusikan hukum permintaan Mendiskusikan tentang ceterisparibus Membuat kurve permintaan Mendiskusikan Pengertian penawaran dan faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran. Mendiskusikan hubungan antara penawaran dan harga barang Membuat kurve penawaran Merumuskan pengertian harga Mendiskusikan macam-macam harga dan penetapan harga oleh pemerintah Membuat kurve harga keseimbangan | · | · | · Mendeskripsikan pengertian dan faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan barang / jasa · Menjelaskan hubungan antara permintaan barang/jasa dengan harga barang / jasa tersebut. · Mendefinisikan Hukum Permintaan. · Menjelaskan tentang berlakunya hukum permintaan itu ceteris paribus · Membuat kurve permintaan · Mendefinisikan pengertian penawaran dan faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran barang / jasa. · Mengidentifikasi keterkaitan antara penawaran dengan harga barang yang di tawarkan. · Mendekripsikan kurve penawaran · Menjelaskan pengertian harga. Mendiskripsikan macam-macam harga ( termasuk harga yang ditetapkan pemerintah · Mengidentifikasi hubungan antara permintaan dengan penawaran yang digambarkan dalam bentuk kurve harga eseimbangan | Penugasan Tes tulis Observasi Tes tulis Tes tulis Tes Non Tes Non Tes Tes tulis Tes lisan Tes unjuk kerja | Tugas Rumah. Tes uraian Lembar observasi Tes uraian Tes Uraian Tes Uraian Laporan Unjuk Kerja Tes Uraian Daftar pertanyaan. Tes simulasi | Jelaskan pengertian permintaan dan faktor-faktor yang mempengaruhinya! Bagaimana hubungan antara permintaan dan harga barang! Buatlah kurva permintaan Jelaskan pengertian ceterisparibus Berdasarkan data (terlampit) buatlah kurva permintaan Jelaskan pengertian penawaran dan faktor-faktor yg mempengaruhi Bagaimana hubungan antara penawaran dan harga barang Buatlah kurva penawaran Jelaskan pengertian Harga Sebutkan macam-macam harga! Peragakan dengan cara berpasangan, proses jual beli barang/jasa dengan satuan mata uang yang berbeda | 8 JP | Buku BSE Kelas 8 Peta migrasi Gambar-gambar yang relefan LKS | - Berpikir logis, kritis, kreatif, inovatif - keras - Peduli sosial dan lingkungan - ungan Berpikir logis, kritis, kreatif, inovatif - Kerja keras Peduli sosial dan lingkungan |
Leave a Reply