Pages

Mengenai Saya

Foto saya
Purwokerto, Jawa Tengah, Indonesia
Menjadi guru adalah salah satu anugerah yang terindah bagi saya, Allah Yang Maha Kuasa memberi kesempatan diri saya untuk belajar dan berkarya. bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain. Asa ke depan tetap berkarya dan berkarya walau usia semakin senja. Mudah-mudahan Allah meridhoi.Amin

Slide

30/08/11

RPP

Posted by Saptari Dharma Wijayanti on 16.05 0 komentar

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Satuan Pendidikan        : SMP Negri 1 Karanglewas
Kelas                            : VIII
Semester                      : I (satu)
Mata Pelajaran              : I P S
Tema                            : Urbanisasi
Jumlah pertemuan         : 3 pertemuan

I.        Standar Kompetensi           :
1. Memahami permasalahan sosial berkaitan dengan  pertumbuhan jumlah penduduk
3. Memahami masalah penyimpangan sosial
4. Memahami kegiatan pelaku ekonomi di masyarakat

II.        Kompetensi dasar  :
1.1 Mendeskripsikan kondisi fisik wilayah dan penduduk
1.2 Mengidentifikasi permasalahan kependudukan dan upaya penanggulangannya
3.1 Mengidentifikasi berbagai penyakit sosial (miras, judi, narkoba, HIV/Aids, PSK, dan sebagainya) sebagai akibat penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat
3.2 Mengidentifikasi berbagai upaya pencegahan penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat
4.1 Mendeskripsikan hubungan antara kelangkaan sumber daya dengan kebutuhan manusia yang tidak terbatas

III.         Indikator
Pertemuan I
1.     Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk (kelahiran, kematian dan migrasi).
2.     Mengidentifikasi jenis-jenis migrasi
3.     Mengidentifikasi faktor penyebab migrasi
4.     Menganalisis dampak positif dan negatif migrasi
5.     Menjelaskan cara menanggulangi dampak negatif migrasi penduduk
6.     Mengidentifikasi permasalahan kependudukan sebagai dampak adanya urbanisasi.
7.     Menjelaskan alternatif penanggulangan dampak negatif urbanisasi

Pertemuan II
1.     Mengidentifikasi bentuk-bentuk penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat
2.     Memberi contoh penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat
3.     Mengidentifikasi akibat penyimpangan sosial di masyarakat
4.     Mengidentifikasi berbagai upaya pencegahan penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat

Pertemuan III
1.     Mendeskripsikan  arti   kelangkaan dan  faktor-faktor penyebab terjadinya kelangkaan
2.     Mengidentifikasi usaha-usaha manusia dalam mengatasi kelangkaan
3.     Mengidentifikasi jenis kebutuhan
4.     Mengidentifikasi alat pemuas kebutuhan

IV.        Tujuan Pembelajaran
Pertemuan I
Melalui diskusi dan tanya jawab peserta didik dapat mendeskripsikan kondisi, permasalahan penduduk Indonesia berkaitan dengan urbanisasi serta cara penanggulangan dampaknya.
Pertemuan II
Melalui diskusi peserta didik dapat mengidentifikasi bentuk, contoh penyimpangan sosial yang diakibatkan dari adanya urbanisasi serta cara pengendaliannya
Pertemuan III
Melalui diskusi dan kuis peserta didik dapat mengidentifikasi kelangkaan, jenis kebutuhan, dan alat pemuas kebutuhan yang menyebabkan terjadinya migrasi penduduk dari desa ke kota.

V.        Materi
Pertemuan I
-        Pertumbuhan penduduk alami dan sosial/total
-        Jenis-jenis migrasi
-        Faktor penyebab migrasi dari desa ke kota
-        Dampak migrasi dari desa ke kota
-        Penanggulangan migrasi dari desa ke kota
-        Permasalahan kwalitas dan kwantitas Penduduk sebagai dampak adanya migrasi
-        Kebijakan penanggulangan dampak urbanisasi
Pertemuan II
-        Bentuk-bentuk penyimpangan sosial di keluarga dan masyarakat
-        Akibat penyimpangan sosial
-        Pengendalian Penyimpangan sosial
Pertemuan III
-        Faktor-faktor penyebab kelangkaan
-        Upaya Mengatasi kelangkaan
-        Jenis-jenis kebutuhan
VI.        Alokasi Waktu
6 x 40 menit
VII.        Metode
Pendekatan: Cooperative Learning, CTL
Pertemuan I : Group shared Investigation,
Pertemuan II            : Jigsaw
Pertemuan III           : think pair n Quiz Share

VIII.        Kegiatan Pembelajaran
1.    Pertemuan I
a.    Pendahuluan
1)    Memberi salam pada peserta didik
2)    Memotivasi kesiapan belajar peserta didik dengan menanyakan kondisi peserta didik
3)    Menginformasikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
4)    Menayangkan media pembelajaran tentang keruwetan yang terdapat di kota?
5)    Menanyakan mengapa hal tersebut bisa terjadi?
b.   Kegiatan inti
1)    membagi kelas dalam 8 kelompok heterogen yang terdiri atas 4 orang,
2)    menjelaskan maksud pembelajaran dan tugas masing-masing kelompok dimana terdapat 8 lembar kerja kelompok yang terdiri atas 4 materi yang berbeda (lembar kerja kelompok terlampir)
3)    Memberikan tugas/materi pada tiap kelompok dan memberikan panduan dalam kegiatan belajarnya, dengan ketentuan:
-        Kelompok 1 dan 3 mengerjakan lembar kerja kelompok I
-        Kelompok 2 dan 4 mengerjakan lembar kerja kelompok II
-        Kelompok 5 dan 7 mengerjakan lembar kerja kelompok III
-        Kelompok 6 dan 8 mengerjakan lembar kerja kelompok IV
4)    Menjelaskan secara global peta konsep materi
5)    Membimbing peserta didik berdiskusi dan menggali informasi pada buku referensi yang dimiliki untuk menjawab permasalahan yang tertulis di kartu
6)    Peserta didik menuliskan hasil kerja diskusi kelompok
7)    Setelah selesai diskusi, lewat juru bicara/ketua menyampaikan hasil pembahasan kelompok secara bergiliran
8)    kelompok yang memperoleh tugas/materi sama memberikan tanggapan pada kelompok yang sedang mendapatkan giliran presentasi
9)    memberikan umpan balik dengan menanyakan hal-hal yang belum tersentuh pada materi tersebut
10) memberikan penegasan materi pada kelompok yang telah mempresentasikan hasil kerja kelompoknya
11) menilai aktifitas jalannya diskusi dan presentasi

c.  Penutup
1)    Bersama dengan peserta didik menyimpulkan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2)    Peserta didik memberikan refleksi pembelajaran tersebut.
3)    Memberikan tugas terstruktur bersifat individu yang dikumpulkan pada pertemuan berikutnya yaitu: - membuat resume tentang pelajaran hari ini
4)    Memberikan tugas mandiri tidak terstruktur bersifat kelompok yang dikumpulkan pada pertemuan terakhir materi urbanisasi: - membuat kliping tentang urbanisasi

Pertemuan II 


No

Kegiatan

Waktu

Proses
Eksp
Ela
Konf
A
PENDAHULUAN
1)    Memberi salam pada peserta didik
2)    Memotivasi kesiapan belajar peserta didik dengan menanyakan kondisi peserta didik
3)    Meminta pada peserta didik mengumpulkan tugas membuat resume.
4)    Menginformasikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
5)    Menayangkan media pembelajaran tentang tawuran yang terdapat di kota?
6)    Menanyakan mengapa hal tersebut bisa terjadi?


    10’




B
















KEGIATAN INTI
1.    Kelas dibagi menjadi 5 kelompok
2.    Menyampaikan permasalahan tentang penyimpangan sosial
3.    Peserta didik mendiskusikan permasalahan yang ada pada kelompok masing-masing
4.    Tim ahli dari masing-masing kelompok berkumpul untuk mendiskusikan hasil diskusi dari kelompoknya
5.    Tim ahli kembali pada kelompoknya menyampaikan  hasil diskusi dari tim ahli 
6.    Tiap tim ahli mempresentasikan hasil diskusi dengan kelompoknya
7.    Bersama peserta didik membuat kesimpulan
8.    Memberikan penguatan



    5 ’
    15

  15

   15

  
    10’

     5’

     5’




  V


  V


  V

  


  




  
  V


  

  


  
  V


   V
















 
  C
PENUTUP

1)    Bersama dengan peserta didik menyimpulkan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2)    Peserta didik memberikan refleksi pembelajaran tersebut.
3)    Memberikan tugas terstruktur bersifat individu yang dikumpulkan pada pertemuan berikutnya yaitu: - membuat resume tentang penyimpangan sosial.
4)    Menugaskan siswa membaca materi kelangkaan (untuk persiapan kuis)
          




 
V


  V


Pertemuan III

No
Kegiatan
Waktu
Proses
Eksp
Ela
Konf
A
PENDAHULUAN
1)    Memberi salam pada peserta didik
2)    Memotivasi kesiapan belajar peserta didik dengan menanyakan kondisi peserta didik
3)    Meminta peserta didik mengumpulkan tugas merangkum materi penyimpangan sosial
4)      Menginformasikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai

    10’




B

KEGIATAN INTI
1.    menyampaikan permasalahan tentang kelangkaan sumber daya
2.    Tanya jawab dengan kuis secara berkelompok
3.    menjelaskan materi yang belum tercoverPeserta didik secara individu mengidentifikasi kelangkaan sumber daya
4.    Peserta didik mendiskusikan hasil identifikasi dengan teman disampingnya
5.    Peserta didik mendiskusikan hasil diskusi pertama dengan kelompok dua (depan-belakang  OK)
6.    mengevaluasi hasil diskusi dengan kuis bingo
7.    Bersama dengan peserta didik membuat kesimpulan
8.    Meminta 2 peserta didik untuk memberikan refleksinya secara bergantian tentang pembelajaran pada pertemuan hari itu



     5 ’

     3 ’
     7 ’

    10 ’

    10’


    15’

     5’
     5’

    






   V

   V


   V


   V




   V

   V


  V
 

  V

 
  V

    
 
















   V
  
   
C
PENUTUP
memberi tugas kepada peserta didik untuk:
-        mengerjakan soal-soal yang ada pada  bahan ajar
-        mengumpulkan tugas membuat kliping
-        membuat resume tentang kelangkaan
-        Membaca buku referensi tentang tema urbanisasi untuk persiapan tes tertulis/ulangan pada pertemuan pekan depan


     5’ 




 


IX.        Penilaian


Kompetensi
Dasar
Indikator
Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
1.2 Mengidentifikasi  permasalahan kependudukan dan upaya penanggulangannya

Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk (kelahiran, kematian dan migrasi).

Mengidentifikasi jenis-jenis migrasi

Mengidentifikasi faktor penyebab migrasi


Menganalisis dampak positif dan negatif migrasi





 Menjelaskan cara menanggulangi dampak negatif migrasi penduduk
Tes tertulis
Non tes


Tes uraian
Pilihan ganda
Lembar observasi
Faktor yang berpengaruh pada pertumbuhan penduduk alami adalah...
a. Kelahiran       c. kesehatan
b. Migrasi          d. pendidikan

Sebutkan 2 jenis mobilitas penduduk!

Sebutkan 3 faktor utama terjadinya migrasi dari desa ke kota!

Dampak positif adanya migrasi dari desa ke kota adalah...
a. Tersedianya lapangan kerja
b. Tersedianya tenaga kerja yang murah
c. Kepadatan meningkat
d. Kekurangan tenaga kerja

Jelaskan 2 upaya pemerintah menanggulangi dampak migrasi
1.4 Mendeskripsi kan permasa lahan  kependu dukan dan dampaknya terhadap pembangunan
Mengidentifikasi permasalahan kependudukan sebagai dampak adanya urbanisasi.
Menjelaskan alternatif penanggulangan dampak negatif urbanisasi
Tes tertulis
Non tes


Tes uraian
Pilihan ganda
Lembar observasi
Sebutkan permasalahan kependudukan di Indonesia dengan adanya urbanisasi!

Apa yang sebaiknya dilakukan untuk mengurangi kepadatan penduduk yang sangat tinggi di perkotaan!
3.1 Mengidentifikasi berbagai penyakit sosial (miras, judi, narkoba, HIV/ Aids, PSK, dsb) sebagai akibat penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat

Mengidentifikasi bentuk-bentuk penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat




Memberi contoh penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat

Mengidentifikasi akibat penyimpangan sosial di masyarakat
Tes tertulis
Non tes


Tes uraian
Pilihan ganda
Lembar observasi
Penyimpangan sosial dimana pelaku penyimpangan ini umumnya tidak menyadari bahwa dirinya melakukan penyimpangan disebut...
a. primer        c. individu
b. sekunder   d. kelompok

Berikan 5 contoh penyimpangan sosial yang terjadi akibat urbanisasi!

Sebutkan 2 dampak penyimpangan sosial akibat urbanisasi!
3.2 Mengidentifikasi berbagai upaya pencegahan penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat
Mengidentifikasi berbagai upaya pencegahan penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat
Tes tertulis
Non tes


Tes uraian
Pilihan ganda
Lembar observasi
Jelaskan upaya pencegahan penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat akibat urbanisasi!
4.1 Mendeskripsi kan hubungan antara kelangkaan sumber daya dengan kebutuhan manusia yang tidak terbatas
Mendeskripsikan  arti   kelangkaan dan  faktor-faktor penyebab terjadinya kelangkaan
Mengidentifikasi usaha-usaha manusia dalam mengatasi kelangkaan
Mengidentifikasi jenis kebutuhan

 Mengidentifikasi Jenis-jenis alat pemuas kebutuhan
Tes tertulis
Non tes


Tes uraian
Pilihan ganda
Lembar observasi
Sebutkan faktor-faktor penyebab terjadinya kelangkaan!

Berikan contoh upaya-upaya manusia dalam mengatasi kelangkaan!
Sebutkan 2 macam barang menurut sifatnya dan beri 5 contoh masing-masing!

Jelaskan pengertian barang illith!


X.        Sumber Belajar
·         Sutarto, dkk, 2008, IPS untuk SMP/Mts Kelas VIII. Jakarta, Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional
·         Buku BSE kelas 8 lainnya
·         Bahan Ajar
·         Kartu/Lembar kerja
·         Gambar-Gambar berkaitan dengan Urbanisasi
·         Peta Migrasi di Indonesia




LEMBAR PENILAIAN DISKUSI

No.
Nama Siswa
Aspek Yang Dinilai
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama

Isi

Performen

Antusias



















Skor:
4 : Sangat Baik
3 : Baik
2 : Cukup baik
1 : kurang baik

Nilai = Skor perolehan/Skor maksimal x 100



Lembar Penugasan Produk
MATA PELAJARAN                           : IPS
KELAS/ SEMESTER                            : VIII /1
Tema                                                     : Urbanisasi
Kompetensi dasar:
1.1 Mendeskripsikan kondisi fisik wilayah dan penduduk
1.2 Mengidentifikasi permasalahan kependudukan dan upaya penanggulangannya
3.1 Mengidentifikasi berbagai penyakit sosial (miras, judi, narkoba, HIV/Aids, PSK, dan sebagainya) sebagai akibat penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat
3.2 Mengidentifikasi berbagai upaya pencegahan penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat
4.1 Mendeskripsikan hubungan antara kelangkaan sumber daya dengan kebutuhan manusia yang tidak terbatas

JENIS TUGAS:
Membuat kliping tentang urbanisasi dengan segala permasalahannya

Sifat Tugas:
Wajib dan Dikerjakan secara kelompok ( Tiap kelompok 4 orang )

ALAT TES / SOAL                               :
Buatlah kliping tentang Urbanisasi dan Permasalahannya secara kelompok dengan ketentuan  sebagai berikut :
1.       Mencari sumber/bahan kliping dari surat kabar, Tabloid, Majalah.
2.       Menyediakan  kertas HVS/Kwarto untuk menempelkan gambar, tulisan tentang urbanisasi minimal 10.
3.       Mengulas/memberikan komentar secara singkat tentang tulisan atau gambar tersebut
4.       Menyusun dan menjilid kliping dengan ketentuan isi: Halaman Sampul, Kata Pengantar, Isi kliping, ulasan, dan penutup.
5.       Pengumpulan tugas ini 2 pekan setelah tanggal penugasan.

Ketentuan Umum Penialain
Yang menjadi ketentuan penilaian adalah:
Ketepatan waktu mengumpulkan
Sistematika dan kerapian Kliping: Sampul, Kata pengantar, Daftar Isi, Isi, Ulasan, Penutup
Isi: Ulasan terhadap tulisan/Gambar
Performance: Tampilan secara keseluruhan







RUBRIK PENILAIAN TUGAS PRODUK
(KLIPING)

Nama Kelompok              :
Nama Anggota                  :1. …….                  No absen ……….
                                                  2.
                                                  3.   

No
Aspek Yang Dinilai
Skor
Kriteria skor
1
Ketepatan waktu


4 : Mengumpulakan tepat waktu
3 : Terlambat 1 hari
2 : Terlambat 2 hari
1 : Terlambat 3 - 5 hari
2
Sistematika

4 : Lengkap ( Sampul, Kata Pengantar, Daftar Isi, Isi, Ulasan, Penutup )
3 : 5 unsur terpenuhi
2 : 3-4 Unsur terpenuhi
1 : Kurang dari 3 unsur
3
Isi Kliping

4 : Sesuai antara tema urbanisasi, tulisan/ gambar dengan ulasannya
3 : Sesuai antara tema urbanisasi, tulisan/gambar tp kurang sesuai dengan ulasannya
2 : Sesuai antara tema urbanisasi, tulisan/gambar tp ulasan tidak sesuai/tidak diulas
1 : Kurang sesuai antara tema urbanisasi dengan isi kliping
4
Tampilan/Performen

4 : Rapi, menarik
3 : Rapi, kurang menarik
2 : kurang rapi
1 : tidak rapi
Jumlah Skor


NILAI



Nilai = (Jumlah skor/jumlah skor total) x 100









Lembar kerja Kelompok I
Wacana!
Kehidupan di Desa dan Di Kota
Apa yang terlintas dalam benak kita jika kita berjalan-jalan menyusuri desa? Pasti yang tampak adalah lahan pertanian dan aktifitas petaninya. Hal tersebut sangat kontras dengan kehidupan di kota. Aktivitas di luar sektor pernanian lebih dominan.
Gambar 1.
http://matanews.com/wp-content/uploads/IndustriRokok080410-1.jpg
Gambar 2
Lembar kerja Kelompok I
Wacana!
Kehidupan di Desa dan Di Kota
Apa yang terlintas dalam benak kita jika kita berjalan-jalan menyusuri desa? Pasti yang tampak adalah lahan pertanian dan aktifitas petaninya. Hal tersebut sangat kontras dengan kehidupan di kota. Aktivitas di luar sektor pernanian lebih dominan.
Gambar 2
Petunjuk kerja kelompok!
1.       Perhatikan Gambar tersebut di atas
2.       Diskusikan dengan teman kelompokmu tentang fenomena di atas dengan panduan daftar pertanyaan yang ada
3.       Tuliskan hasil diskusi kelompok kalian dan simpulkan
4.       Presentasikan hasil kerja kelompok

Daftar pertanyaan untuk panduan diskusi
1.       Mengapa penduduk desa lebih dominan bekerja pada sektor pertanian sedangkan penduduk kota lebih dominan bekerja di sektor industri atau non pertanian?
2.       Apakah di desa tidak ada pekerjaan lain selain di bidang pertanian? Jelaskan
3.       Apakah profesi sebagai petani lebih rendah dibandingkan lainnya sehingga anak-anak muda sekarang yang tinggal di desa tidak mau menjadi petani? Jelaskan!
4.       Bagaimana jadinya jika penduduk desa yang sudah berpendidikan tinggi tidak mau bekerja di bidang pertanian? Jelaskan!








Lembar kerja Kelompok II
Rumitnya Punya Rumah di Kota
Mungkin kita yang hidup di desa tidak pernah membayangkan sulitnya mencari lahan yang luas untuk tempat tinggal. Lahan terbuka sangat sulit dijumpai di perkotaan. Jumlah penduduk yang tinggi dan lahan yang semakin sempit menjadi alasannya. Lahan di perkotaan sangat mahal dibandingkan dengan di perdesaan.
juli200919.jpg
Gambar 1                                                                                            Gambar 2
Petunjuk kerja kelompok!
1.       Perhatikan Gambar tersebut di atas
2.       Diskusikan dengan teman kelompokmu tentang fenomena di atas dengan panduan daftar pertanyaan yang ada
3.       Tuliskan hasil diskusi kelompok kalian dan simpulkan
4.       Presentasikan hasil kerja kelompok

Daftar pertanyaan untuk panduan diskusi
1.       Bagaimana kepadatan penduduk di kota? Jelaskan!
2.       Mengapa penduduk kota lebih padat dibandingkan penduduk desa?
3.       Apa saja yang mempengaruhi kepadatan penduduk di perkotaan? Jelaskan!
4.       Jelaskan dampak permukiman penduduk yang sangat padat?
5.       Sebutkan beberapa alternatif pemecahan permasalahan permukiman di kota?





Lembar kerja Kelompok III
Fasilitas di Kota dan Keruwetannya
Begitu banyak sarana dan prasarana yang ada di perkotaan. Kondisi tersebut sangat berbeda dengan kondisi yang ada di desa. Gemerlap tempat-tempat belanja (mall) seakan menjadi salah satu daya tarik kota. Alat dan transportasi yang beragam dan memudahkan penduduk berinteraksi dari satu tempat ke tempat lain.
ed4.22.jpg
                Gambar 1                                                                                            Gambar 2
Petunjuk kerja kelompok!
1.       Perhatikan Gambar tersebut di atas
2.       Diskusikan dengan teman kelompokmu tentang fenomena di atas dengan panduan daftar pertanyaan yang ada
3.       Tuliskan hasil diskusi kelompok kalian dan simpulkan
4.       Presentasikan hasil kerja kelompok

Daftar pertanyaan untuk panduan diskusi
1.       Sebutkan beberapa fasilitas di perkotaan yang menjadi daya tarik?
2.       Apakah penduduk desa yang pindah ke kota disebabkan gemerlapnya kota? Jelaskan
3.       Apakah semua penduduk kota dapat menikmati segala fasilitas di kota?
4.       Apa dampak sarana dan prasarana transportasi yang baik terhadap hubungan antara desa dan kota?
5.       Coba perkirakan dampak yang akan terjadi jika banyak penduduk desa pindah ke kota?


Lembar Kerja Kelompok IV

berta-0302-banjir-02.jpg
Gambar 1 Pemulung Perempuan                                              Gambar 2. Banjir
Petunjuk kerja kelompok!
1.       Perhatikan Gambar tersebut di atas
2.       Diskusikan dengan teman kelompokmu tentang fenomena di atas dengan panduan daftar pertanyaan yang ada
3.       Tuliskan hasil diskusi kelompok kalian dan simpulkan
4.       Presentasikan hasil kerja kelompok

Daftar pertanyaan untuk panduan diskusi
1.       Tuliskan pendapat kalian tentang kedua gambar di atas?
2.       Apakah semua orang yang berada di kota dapat menikmati kehidupan yang layak? Jelaskan!
3.       Apakah jenis pekerjaan yang terdapat pada gambar 1?
4.       Mengapa ada penduduk yang bekerja seperti gambar tersebut?
5.       Mengapa terjadi banjir seperti pada gambar 2?
6.       Tuliskan pendapat kalian cara mengatasi berbagai permasalahan tersebut!






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

1.IDENTITAS MATA PELJARAN :
a.      Nama Sekolah           : SMP Negeri 1 Karanglewas
b.      Kelas                           : VIII ( delapan )
c.       Semester                     : 2
d.      Mata Pelajaran          : IPS
e.       Jumlah Perteman      :  2
f.       Tema                          :  Indonesia menuju Kebebasan

2. STANDAR KOMPETENSI:
1. Memahami permasalahan sosial berkaitan dengan pertumbuhan jumlah penduduk 5. 5. Memahami usaha persiapan kemerdekaan.
              6. Memahami pranata dan penyimpangan sosial
                                                                   
3. KOMPETENSI DASAR :
1.1  Mendeskripsikan kondisi fisik wilayah dan penduduk
5.1 Mendeskripsikan peristiwa-peristiwa sekitar proklamasi dan proses terbentuknya negara kesatuan Republik Indonesia
5.2  Menjelaskan proses persiapan kemerdekaan Indonesia
6.2  Mendeskripsikan pranata sosial dalam kehidupan masyarakat

4. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI :
1.      Mengidentifikasi tempat-tempat yang berhubungan dengan peristiwa menjelang proklamasi
2.      Melacak perbedaan perspektif antar kelompok sekitar proklamasi kemerdekaan Indonesia.
3.      Menyusun kronologi proklamasi kemerdekaan Indonesia
4.      Mendeskripsikan secara kronologis proses penyebaran berita tentang proklamasi kemerdekaan dan sikap rakyat di berbagai daerah
5.      Menjelaskan proses terbentuknya negara dan pemerintah Republik Indonesia beserta kelengkapanya dengan sidang PPKI.
6.      Menjelaskan alasan jepang membentuk BPUPKI
7.      Mendiskripssikan secara kronologis proses penyusunan dasar dan konstitusi untuk negara Indonesia yang akan didirikan.
8.      Mengidentifikasi dibentuknya PPKI dan peranannya dalam proses persiapan kemerdekaan Indonesia
9.      Mengidentifikasi fungsi pranata social
10.   Mengidentifikasi jenis-jenis pranata sosial.

5. TUJUAN PEMBELAJARAN :
Melalui diskusi dan pemberian tugas peserta didik diharapkan dapat  :
1.      Mengidentifikasi tempat-tempat yang berhubungan dengan peristiwa menjelang proklamasi
2.      Melacak perbedaan perspektif antar kelompok sekitar proklamasi kemerdekaan Indonesia.
3.      Menyusun kronologi proklamasi kemerdekaan Indonesia
4.      Mendeskripsikan secara kronologis proses penyebaran berita tentang proklamasi kemerdekaan dan sikap rakyat di berbagai daerah
5.      Menjelaskan proses terbentuknya negara dan pemerintah Republik Indonesia beserta kelengkapanya dengan sidang PPKI.
6.      Menjelaskan alasan jepang membentuk BPUPKI
7.      Mendiskripssikan secara kronologis proses penyusunan dasar dan konstitusi untuk negara Indonesia yang akan didirikan.
8.      Mengidentifikasi dibentuknya PPKI dan peranannya dalam proses persiapan kemerdekaan Indonesia
9.      Mengidentifikasi fungsi pranata social
10.   Mengidentifikasi jenis-jenis pranata sosial.
v  Karakter Kebangsaan yang diharapkan :  Cinta Tanah air
                                                                Tanggung Jawab
                                                            Gemar Membaca
                                                           Komunikatif
                                                           Semangat kebangsaan
                                                           Rasa Ingin Tahu
                                                            Demokratis
                                                           Kerja keras   
                                                           Mengenal Lingkungan                       
6. MATERI AJAR :
1.      Kondisi fisik wilayah dan penduduk Indonesia
2.      Perbedaan perspektif antar kelompok sekitar proklamasi kemerdekaan
3.      Kronologi proklamasi Kemerdekaan Indonesia
4.      Proses  penyebaran berita tentang proklamasi kemerdekaan dan sikap rakyat di berbagai daerah
5.      Proses terbentuknya Negara dan pemerintah  Republik Indonesia beserta kelengjapannya dengang sidang PPKI
6.      Alasan Jepang membentuk BPUPKI
7.      Proses penyusunan dasar dan konstitusi untuk Negara yang akan didirikan.
8.      PPKI dan peranannya dalam proses persiapan kemerdekaan Indonesia
9.      Fungsi Pranata social
10.  Jenis-jenis pranata sosial

7. ALOKASI WAKTU :
4 x 40  ( 2 x pertemuan )
8. METODE PEMBELAJARAN :
a. Pendekatan  : CTL
b.Metode :
Diskusi Think Pair and share
9. KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Pertemuan 1
No
Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendekatan   CTL
1

Kegiatan Pendahuluan
1.       Kegiatan Pendahuluan
a.       Berdoa
b.      Absensi
c.       Apersepsi
-          Menanyakan  kegiatan apa  yang dilakukan di kampung masing-masing dalam memperingati Hari Kemerdekaan.
-          Siapa saja  yang  mengikuti peringatan tersebut.
   
d.      Motivasi
Menyanyikan lagu Indonesia  Raya
e.      Menyampaikan Tujuan Pembelajaran yang ingin dicapai



10’
Kontruktivisme
2
2.       Kegiatan inti
a.       Eksplorasi /Elaborasi
1.      Guru menyampaikan inti materi yang akan disampaikan
2.      Peserta didik  di minta untuk berfikir tentang materi yang akan di ajarkan
3.      Peserta didik diminta berpasangan dengan teman sebangku untuk membahas permasalahan   dalam kartu soal.
>  Kartu satu membahas Tempat-tempat yang berhungan dengan proklamasi
> Kartu dua membahas pertentangan golongan tua dengan golongan muda
> Kartu tiga membahas peristiwa rengas dengklok
> Membahas cara penyebaran berita proklamasi
> Membahas sidang PPKI
4.      Peserta didik diminta shering dengan  kelompok dibelakangnya atau depannya
5.      Guru memimpin pleno kecil untuk mengemukakan pendapatnya
6.      Dari  hasi l pendapat  peserta didik tersebut  guru  mengarahkan  pada materi yang belum di ungkap siswa
               b.  Konfirmasi
              1. Guru meluruskan keterangan-keterangan  yang disampaikan oleh peserta didik .
              2. Guru melengkapi keterangan yang disampaikan oleh peserta didik .



60

Inquiry




Questioning






Learning community

3
3.      Penutup
a.       Guru bersama peserta didik menyimpulkan materi pelajaran .
b.      Guru melakukan penilaian proses dengan melakukan ujian secara lisan .
c.       Guru  melakukan refleksi  dengan menanyakan kepada siswa tentang  kegiatan pembelajaran hari ini .
d.      Guru memberi tugas untuk pertemuan selanjutnya dalam bentuk kliping gambar perjuangan proklamasi .


10
Reflection






Pertemuan 2
a. Pendekatan  : CTL
b.Metode : Diskusi STAD
No
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu
Pendekatan   CTL
1
Kegiatan Pendahuluan
a.       Berdoa
b.      Absensi
c.       Apersepsi :
-          Menanyakan kembali materi  yang telah lalu.
d.      Motivasi
-          Peserta didik  di minta menyanyikan lagu Hari Merdeka
e.       Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai


10
Konstruktivisme
2
Kegiatan Inti
Eksplorasii / Elaborasi
a.      Guru menyampaikan  inti  materi yang akan di sampaikan
b.      Guru membentuk kelompok masing-masing kelompok 4 orang secara heterogen
c.       Guru menyajikan pelajaran
d.      Guru memberi tugas kepada kelompok untuk dikerjakan oeh anggota-anggota kelompok. Anggota yang tahu menjelaskan pada anggota lainnya sampai semua anggota dalam kelompok itu mengerti.
·         Kelompok 1 membahas alsan Jepang membentuk PPKI
·         Kelompo 2 membahas Proses penyusunan konstitusi negara
·         Kelompok 3 membahas peranan PPKI
·         Kelompok 4 membahas fungsi pranata sosial
·         Kelompok 5 membahas jenis-jenis pranata sosial
e.      Guru memberikan kuis/ pertanyaan kepada seluruh siswa tanpa saling membantu 
       Konfirmasi
a.      Guru meluruskan keterangan-keterangan yang disampaikan oleh peserta didik .
b.       Guru melengkapi keterangan yang disampaikan oleh peserta didik .



60




Inquiry




Questioning



Learning community
3
Penutup
a.       Guru bersama peserta didik menyimpulkan materi pelajaran
b.      Guru memberikan penilaian proses dalam bentuk ujian tulisan
c.       Refleksi dengan menanyakan pada siswa tentang pembelajaran hari ini.
10


Reflection

10.PENILAIAN HASIL BELAJAR :
Tes :
1.      Pilihan ganda
2.      Tes Uraian
  Non tes:
1. unjuk kerja
2. produk

11.SUMBER BELAJAR :         a. Buku BSE
                                                    b. Peta
                                                     c. Gambar-gambar tempat bersejarah ( Museum )
                                                 d. CD Pembelajaran
                                                 e. Internet
LAMPIRAN
Rubrik Penilaian Diskusi
No
Nama Siswa
Aspek Yang Dinilai
Jumlah Skor


Keaktifan
Kerjasama
Presentasi
Bertanya
Menjawab
1-5
1-5
1-5
1-5
1-5
1







2







3








Keterangan :
5 = sangat tinggi
4 = tinggi
3 = cukup tinggi
2 = kurang
1 = kurang sekali
 
Keterangan :
5 = 81 -100
4 = 61 - 80
3 = 41 - 60
2 = 21 - 40
1 = 10 - 20

 
 

B.      Rubrik Kliping :

No.
Aspek yangdi Nilai
Nilai (1- 5)
Jumlah Nilai
Nilai Akhir
1
Tampilan Cover



2
Ketepatan dengan topik


3
Kedalamankomentar


4
Kerapihan tampilan gambar



Keterangan :
Nilai akhir = Jumlah nilai : 4
 
 







C.    Rubrik penilaian/soal
Indikator Pencapaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
1.      Mengidentifikasi tempat-tempat yang berhubungan dengan peristiwa menjelang proklamasi








2.      Melacak perbedaan perspektif antar kelompok sekitar proklamasi kemerdekaan Indonesia.
3.      Menyusun kronologi proklamasi kemerdekaan Indonesia
4.      Mendeskripsikan secara kronologis proses penyebaran berita tentang proklamasi kemerdekaan dan sikap rakyat di berbagai daerah
5.      Menjelaskan proses terbentuknya negara dan pemerintah Republik Indonesia beserta kelengkapanya dengan sidang PPKI.
6.      Menjelaskan alasan jepang membentuk BPUPKI
7.      Mendiskripssikan secara kronologis proses penyusunan dasar dan konstitusi untuk negara Indonesia yang akan didirikan.
8.      Mengidentifikasi dibentuknya PPKI dan peranannya dalam proses persiapan kemerdekaan Indonesia
9.      Mengidentifikasi fungsi pranata social
10.  Mengidentifikasi jenis-jenis pranata sosial.
Non test
Test










Test
Permormant test
Pilihan ganda











Uraian

Penilaian presentasi
1.Alasan pemuda membawa Soekaroa-Hatta ke Rengasdengklok ditinjau dari segi wilayah adalah....
a. Lokasinya terpencil dan jauh dari transportasi
b. Wilayah strategis dan mudah dijangkau
c. Tempat berkumpulnya para mahasiswa yang pro kemerdekaan
d. Rengasdengklok dekat dengan wilayah pergerakan kemerdekaan.

Apa perbedaan pendapat dari golongan tua dan golongan muda tentang proklamasi kemerdekaam ?



0 Responses so far:

Leave a Reply