Pages

Mengenai Saya

Foto saya
Purwokerto, Jawa Tengah, Indonesia
Menjadi guru adalah salah satu anugerah yang terindah bagi saya, Allah Yang Maha Kuasa memberi kesempatan diri saya untuk belajar dan berkarya. bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain. Asa ke depan tetap berkarya dan berkarya walau usia semakin senja. Mudah-mudahan Allah meridhoi.Amin

Slide

20/04/11

Laporan Tindak lanjut

Posted by Saptari Dharma Wijayanti on 16.40 3 komentar

LAPORAN

PELAKSANAAN TINDAK LANJUT
PENDIDIKAN DAN PELATIHAN PENINGKATAN KOMPETENSI GURU MATA PELAJARAN IPS SMP TINGKAT JENJANG DASAR
DI SMP NEGERI 1 KARANGLEWAS KABUPATEN BANYUMAS
PROPINSI JAWA TENGAH



Oleh :

            NAMA                       : Dra. SAPTARI DARMA WIJAYANTI
            NIP                             : 19630921 200012 2 001      
            UNIT KERJA           : SMP NEGERI 1 KARANGLEWAS
                                                               KABUPATEN BANYUMAS



PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN BANYUMAS
DINAS PENDIDIKAN
TAHUN 2010
KATA PENGANTAR

                        Puji syukur penulis penjatkan kepada Allah SWT yang telah memberikan ridho serta hidayahNya, sehingga penulis dapat melaksanakan kegiatan tindak lanjut diklat peningkatan kompetensi guru mata pelajaran IPS tanpa halangan suatu apa.
                        Pada kesempatan ini penulis ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada :
  1. Bapak Slamet, S.Pd.,M.Pd., selaku kepala SMP Negeri 1 Karanglewas yang telah memberikan ijin untuk mengikuti diklat sekaligus memberikan ijin pelaksanaan tindak lanjut diklat di SMP Negeri 1 Karanglewas
  2. Rekan-rakan guru IPS SMP Negeri 1 Karanglewas yang telah membantu baik moril maupun materiil pada saat penulis  melaksanakan kegiatan diklat di malang, maupun pelaksanaan tindak lanjut di SMP Negeri 1 Karanglewas.
  3. Rekan-rekan guru IPS se- Komda 03 Kabupaten Banyumas, yang telah bersedia hadir dan memberikan perhatian serta kerja sama yang baik selama pelaksanaan  kegiatan pembiasan tindak lanjut diklat peningkatan guru IPS.
Mudah-mudahan laporan ini dapat bermanfaat bagi guru IPS pada khususnya dan pembaca pada umumnya.
                        Karanglewas, Februari 2010
                                                                                     Penulis
I. PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
                  Pendidikan dan pelatihan pembinaan professional pendidik dan tenaga kependidikan yang diselenggarakan oleh Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidikan dan tenaga Kependidikan Kewarganegaraaan dan Ilmu Pengetahuan sosial tanggal 22 Nopember sampai dengan tanggal 3 Desember 2009 sangat bermaanfaat bagi guru yang telah diberi kesempatan untuk mengikuti pendidikan dan pelatihan tersebut. Khususnya bagi penulis merasa sangat beruntung dan bersyukur karena telah memperoleh ilmu secara langsung dari para ahli di bidang IPS, sehingga penulis dapat memperoleh pengetahuan  yang lebih dalam dan luas mengenai materi IPS, strategi pembelajaran IPS, Penyusunan silabus, bahan ajar dan RPP, Penelitian Tindakan Kelas, Lesson Study, dan lain-lain. Selain memperoleh pengetahuan, penulis juga memproleh teman dan pengalaman  baik secara langsung maupun tidak langsung dalam proses pendidikan dan pelatihan, antara lain  dalam berdiskusi, presentasi, maupun penyusunan tugas laporan kegiatan. Sebagai rasa syukur atas risky ilmu dan pengalaman yang telah penulis terima, maka penulis bertanggung jawab untuk mengimbaskan apa yang telah penulis dapat kepada rekan-rekan yang lain. Minimal kepada rekan sejawat di sekolah.



B. Tujuan :
            Adapun tujuan penyusunan laporan pelaksanaan tindak lanjut pendidikan dan pelatihan jenjang dasar adalah sebagai berikut:
  1. Melaporkan hasil pelaksanaan pengimbasan yang telah dilakukan penulis kepada rekan-rekan di sekolah, dan kepada rekan-rekan guru IPS di Tingkat Komda 03 Kabupaten Banyumas.
  2. Untuk memenuhi  tugas tindak lanjut, agar dapat mengikuti pendidikan dan pelatihan ke jenjang selanjutnya.
C. Jadwal Pelaksanaan
    
No

Tanggal


Kegiatan

Keterangan

1.

2.

3.


7 Januari 2010

14 Januari 2010

21 Januari 2010

Pemetaan KD dan Penentuan Tema
Penyusunan RPP

Model Pembelajaran

Peserta                 4  Guru IPS
Peserta                 4  Guru IPS
29 guru IPS       Tk. Komda 03 Kabupaten Banyumas


  
II. PELAKSANAAN

A. Pemetaan KD dan Penentuan Tema
               Pembiasan materi pemetaan kompetensi dasar dan tema di SMP negeri 1 Karanglewas tanggal 7 Januari 2010 dilakukan  penulis  dengan memberikan contoh yang telah penulis buat  selama melaksanakan pendidikan dan pelatihan. Namun demikian penulis juga mencoba mengajak teman untuk membuat satu contoh penentuan tema untuk persiapan  pembelajaran kelas VIII pada semester genap tahun pelajaran 2009/2010. Pemetaan tema masih dalam satu semester yaitu semester genap, karena pelaksanaan pembelajaran semeseter gasal telah usai. Materi semester genap dibuat delam dua tema yaitu tema Indonesia Membangun dan Kehidupan Bernegara. Indonesia Membangun terdiri dari  KD 1.2, KD 5.1, KD 6.3, KD 7.1 dan KD 7.2, sedangkan Kehidupan Bernegara terdiri dari KD meliputi KD 1.3, KD 5.2, KD 6.1, KD  6.3, KD 7.1, dan KD 7.2. Adapaun hasil dari pemetaan KD dan penetuan tema terlampir.
B. Penyusunan RPP
                  Kegiatan pembiasan pada pertemuan ke-2  di SMP 1 Karanglewas diisi dengan kegiatan menyusun RPP, hal ini dilakukan untuk menindaklanjuti  pertemuan pertama, dimana pada pertemuan pertama telah menghasilkan pemetaan KD dan penentuan tema untuk kegiatan pembelajaran kelas VIII pada semester genap tahun pelajaran 2009/2010. Pada pertemuan ini telah ditularkan satu contoh bentuk RPP yang isinya agak berbeda seperti yang telah biasa disusun, yaitu pada istilah kegiatan inti yang diganti dengan istilah kegiatan konstruksi dan elaborasi, kemudian kegiatan penutup diganti dengn istilah kegiatan konfirmasi.
                  Struktur kurikulum di SMP 1 Karanglewas untuk mata pelajaran IPS terdiri dari 5 jam pelajaran @ 40 menit. Jadwal pelajaran SMP Negeri 1 Karanglewas semester genap tahun pelajaran 2009/2010 mata pelajaran IPS dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan untuk setiap minggunya., oleh karena  itu perlu strategi pengelolaan waktu dan materi pembelajaran yang sesuai dengan alokasi waktu yang tersedia. RPP yang telah tersusun nampak pada lampiran 2.
C.  Model Pembelajaran
                  Pembiasan model pembelajaran disertai dengan pembiasan media pembelajaran. Kegiatan pembiasan dilaksanakan bersamaan dengan pertemuan  MGMP  Komda 03  yang yang anggotanya berjumlah 35 orang.  yang berasal dari 13 sekolah SMP di wilayah tiga kecamatan, yaitu kecamatan Baturraden, kecamatan Kedungbanteng, dan kecamatan Karanglewas. Jumlah anggota yang hadir sebanyak 29  orang (83%), dan tidak hadir 6 orang, dengan rincian 3 orang tidak hadir karena sedang menghadiri pertemuan pengurus IPS di tingkat kabupaten, satu orang ijin dan 2 orang tanpa keterangan.
                  Model pembelajaran yang penulis sampaikan pada pertemuan ini adalah model pembelajaran yang telah penulis gunakan selama dua semester terakhir. Adapun metode yang digunakan dalam kegiatan pembiasan ini adalah metode ceramah, diskusi, dan mempraktekkan secara langsung dalam menggunakan metode dan media. Model pembelajaran yang disampaikan pada kegiatan pembiasan meliputi:
  1. Metode CTL dengan menggunakan media voucher dalam pelasksanaan maateri pembelajaran Pajak
  2. Metode sample and Unsample dengan menggunakan media kartu kata pada pembelajaran materi kelangkaan sumber daya
  3. Metode ceramah bervariasi  dengan menggunakan CD pembelajaran pada pembelajaran materi kelangkaan sumber daya
4.      Metode inkuiri dengan media nota pada pembelajaran materi Permintaan, Penawaran, dan Harga.
5.      Metode CTL dengan media bak sampah dan lingkungan pada pembelajaran lingkungan hidup dan wawasan pembangunan berkelanjutan.
6.      Model  kuis bingo   
Pada akhir pembiasan banyak peserta meminta pada pertemuan berikutnya untuk mengisi kegiatan pertemuan MGMP dengan penularan metode dan media yang telah dilaksanakan oleh semua guru anggota MGMP IPS Komda 03 Kabupaten Banyumas.






III  PENUTUP

                        Puji syukur penulis panjatkan kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rakhmat serta hidayahNYa sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan ini dengan lancar. Penulis yakin laporan ini masih jauh dari sempurna, untuk itu kritik dan saran yang membangun dari pembaca sangat penulis harapkan demi sempurnanya laporan ini. Adapun kesimpulan dan saran yang dapat penulis sampaian dalam laporan kegiatan tindak lanjut hasil diklat IPS Jenjang Dasar adalah sebagai berikut:
A. Kesimpulan
  1. Kegiatan pembiasan hasil diklat sangat perlu dilakukan, agar apa yang telah penulis dapatkan dari hasil pendidikan dan pelatihan, dapat ditularkan kepada rekan guru IPS yang lain baik di lingkungan sekolah tempat mengajarnya, maupun kepada guru IPS yang lain, sekaligus dapat meningkatkan profesionaisme dari peserta diklat yang bersangkutan.
  2. Pembiasan IPS terpadu barau dilaksanakan di tingkat sekolah, dan hanya penulis saja yang akan berusaha melaksanakan Ips terpadu pada semester genap tahun pelajarn 2009/2010.
B.     Saran
Agar dapat melaksanakan kegiatan pembiasan kepada rekan-rekan dengan baik, diperlukan pengalaman dan pengetahuan yang cukup, untuk itu diperlukan bekal yang lebih banyakl agi dalam pendidikan dan pelatihan, khususnya materi strategi  pembelajaran kepada orang dewasa.






LAMPIRAN KEGIATAN 1



1. Daftar Hadir
2. Hasil Pemetaan KD dan penentuan tema Kelas VIII   
    semester genap tahun pelajaran 2009/2010















LAMPIRAN KEGIATAN 2

    

1. Daftar Hadir
2. RPP Kelas VIII  emester genap tahun pelajaran 
    2009/2010


           









LAMPIRAN KEGIATAN 3


1. Undangan
2. Daftar Hadir
3. Foto kegiatan pembelajaran
4. Foto kegiatan pembiasan
5. Materi presentasi Media 
6. CD Pembelajaran
7. Media pembelajaran




DAFTAR HADIR
PERTEMUAN MGMP TINGKAT SEKOLAH
Kamis, 7 Januari 2010


No.

Nama

Tanda Tangan

1.
2.
3.
4.

Waliyem, A.Md. Pd.
Haryanto,S.Pd,
Cristina Soeharjani,S.Pd
Siti Nuryanti,S.Pd

  1. .........................
  2. .......................
  3. ........................
  4. ........................


                                                                        Karanglewas, 7 Januari 2010
Mengetahui,                                                                            Pembias,
Kepala SMP N 1 Karanglewas


Slamet, S.Pd.,M.Pd                                                    Dra.Saptari Darma Wijayanti
Pembina                                                                      NIP 19630921 200012 2 001
NIP 19660102 199001 1 007


DAFTAR HADIR
PERTEMUAN MGMP TINGKAT SEKOLAH
Kamis, 14 Januari 2010


No.

Nama

Tanda Tangan

1.
2.
3.
4.

Waliyem, A.Md. Pd.
Haryanto,S.Pd,
Cristina Soeharjani,S.Pd
Siti Nuryanti,S.Pd

  1. .........................
  2. .......................
  3. ........................
  4. ........................


                                                                        Karanglewas, 7 Januari 2010
Mengetahui,                                                                            Pembias,
Kepala SMP N 1 Karanglewas


Slamet, S.Pd.,M.Pd                                                    Dra.Saptari Darma Wijayanti
Pembina                                                                      NIP 19630921 200012 2 001
NIP 19660102 199001 1 007



3 Responses so far:

Unknown mengatakan...

Tulisan ini bisa menginspirasi/memberi pencerahan bagi guru

Unknown mengatakan...

haloo sahabatku....sukses selalu ya...tulisan ini menginpirasi dan membantu guru2ku

Unknown mengatakan...

Sangat membantu.Terimakasih.

Leave a Reply