STRATEGI MENINGKATKAN HASIL ULANGAN KENAIKAN KELAS
MATA PELAJARAN IPS DENGAN KUIS & REWARD
PADA KELAS VIII TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Hasil ulangan tengah semester, Ulangan semester gasal, dan Ulangan tengah semester gasal siswa kelas VIII D sampai dengan kelas VIII H pada umumnya lebih rendah dari hasil ulangan harian. Hal ini disebabkan bahan materi yang diujikan dalam ulangan tengah semester dan ulangan semester lebih banyak dan jeda waktu antara pembelajaran dengan evaluasi hasil pembelajaran lebih lama dari pada ulangan harian, serta daya memori siswa pada umumnya kurang kuat.
Atas dasar kondisi tersebut di atas untuk menghadapi ulangan kenaikan kelas, penulis mencoba dengan strategi sebagai berikut:
- Satu minggu menjelang ulangan kenaikan kelas diinformasikan kepada seluruh siswa, bahwa selama satu minggu akan dilaksanakan kuis, untuk itu diharapkan siswa membaca dan mempelajari materi yang akan diujikan
- Bahan materi ulangan kenaikan kelas terdiri dari 8 kompetensi dasar dibagi menjadi 3 untuk tiga kali pertemuan dengan pengaturan 3 KD untuk dua jam tatap muka, dan 2 KD untuk 1 jam tatap muka. Materi diurutkan dari Kompetensi dasar yang pertama sampai dengan kompetensi dasar yang terakhir
- Kuis dilaksanakan secara berkelompok, dimana setiap kelompok terdiri dari 4 siswa. Pembentukan kelompok disesuaikan dengan tempat duduk siswa, yaitu dua meja yang saling berurutan kedudukannya.
- Adapun teknik pelaksanaan kuis adalah sebagai berikut:
- Pada pertemuan sebelumnya guru memberi 2 lembar kerta manila kepada salah satu siswa yang pandai menggambar. Satu lembar sebagai media gambar pohon dan rantingnya, yang akan digunakan untuk menempelkan reward , Dan satu lembar lainnya sebagai buahnya. Potongan gambar buah diberikan sebagai reward bagi kelompok yang dapat menjawab soal dengan benar.
- Guru menyiapkan soal uraian tertutup (isian singkat) dan dan kunci jawaban sebanyak 25 soal untuk setiap pertemuan.
- Guru menyiapkan potongan kertas HVS dengan ukuran 3 x 4 cm sebagai lembar jawab untuk tiap soal, setiap kelompok diberi 25 potong.
- Setiap soal dibacakan, setiap kelompok berembug untuk menjawab dan menuliskannya pada sepotong kertas HVS, dan apabila jawaban siswa benar, siswa langsung menukarkannya dengan potangan gambar buah yang telah disiapkan di meja.
- Sepuluh menit menjelang akhir pembelajaran siswa diminta menempelkan hasilnya pada gambar pohon yang telah ditempel di papan kelas
- Penanaman sikap kejujuran dan sportifitas disepakati oleh seluruh kelompok dalam satu kelas
Strategi yang sudah baik akan sangat tepat apabila didukung dengan motivasi. Motivasi akan lebih tertanam di hati siswa apabila didasari ketulusan. Ketulusan menumbuhkan keteladanan yang akhirnya membuahkan keberhasilan.
ini mungkin nggak ada hubungannya dengan artikel diatas, ini hanya masukan saja.
1. Lay out dah bagus....hanya perlu disain yang lebih simple, praktis, dan cool.
2. aktifkan clocknya.
3. arsip dan catatn yang lain bisa di simplekan...jangan terlalu panjang dan entri posting di setting ulang..jadi nggak tumpang tindih...
4. setting tulisan berdasarkan posting bulan aja yang nggak kepanjangan
6. taruh profil sebagai home ( jadi selalu di atas ) sedang aplikasi lain yang diperlukan di bawahnya sesuai kebutuhan aja.
7. pilih yang 3 coulmdb aja nanti ngaturnya enak.
................I yakin you can do it..succes..and try try again.....
oke......
by Yulias
Salam kenal....Blog Walking....
Terima kasih pak yuli,salam kenal kembali pak hadi setyo...saya baru belajar...ikut lomba untuk motivasi diri saya sendiri yang baru tahu sedikit tentang blog