LAPORAN HASIL LOMBA KREASI DAN INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN GURU SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
TINGKAT NASIONAL TAHUN 2011
PENDAHULUAN

B. Tujuan
Adapun tujuan penulis mengikuti lomba Kreasi dan Inovasi Pembelajaran antara lain :
1. Minimba pengalaman empiris mengenai media pembelajaran yang efektif
2. Meningkatkan motivasi diri dalam mengembangkan media pembelajaran sederhana
3. Ingin memperoleh kejuaraan sebagai cara memotivasi diri untuk meningkatkan profesionalisme guru dalam pembelajaran
II. PELAKSANAAN KEGIATAN
A. Pelaksana Kegiatan
Pelaksana kegiatan lomba kreasi dan inovasi media pembelajaran tahun 2011 adalah Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
B. Peserta Lomba
Peserta lomba Kreasi dan Inovasi Media Pembelajaran SMP tahun 2011 diikuti oleh 198 orang guru dari berbagai propinsi di Indonesia untuk enam mata pelajaran, yaitu IPA, IPS, Matematika, PKn, Bahasa Inggris, dan Bahasa Indonesia. Peserta lomba tahap II adalah guru SMP yang telah mengirimkan karya lombanya dan karya yang bersangkutan teridintifikasi sebagai karya yang lolos untuk mengikuti penilaian babak II.
C. Tempat dan Waktu Kegiatan
Kegiatan lomba tahap II dilaksanakan di Griya Astoeti Cisarua Bogor tanggal 15 Nopember sampai dengan 19 November 2011.
D. Penilai/Yuri
Penilai karya adalah tim yang dibentuk oleh Direktorat Pembinaan SMP yang terdiri ats unsur dosen yang berasal dari UNESA Surabaya, UNY Yogyakarta, UNM Malang, dan UNNES Semarang, serta unsure guru (SMP)
E. Penilaian
Penilaian uyamg dilakukan dalam dua babak, yaitu penilaian karya tulis dan babak II adalah pnilaian penyajian dengan bobot masing-masing 50%.
a. Aspek-aspek Penilaian naskah (babak I)
1) Bagian awal dinilai dengan bobot 4
2) Bagian Inti dinilai dengan bobot 27
3) Bagian akhir dinilai dengan bobot 2
4) Lain-lain meliputi bahasa, koherensi, tingakt inovasi media dinilai dengan bobot 10
b. Aspek-aspek penilaian penyajian (Babak II)
1) Penampilan , meliputi penguasaan audience, koherensi paparan, dan bahasa dinilai dengan bobot 11
2) Penggunaan media dalam paparan meliputi kesesuaian media dan ketrampilan menggunakan media dinilai dengan bobot 4
3) Penguasaan materi dan tanya jawab selama paparan dinilai dengan bobot 15
4) Efektifikas media tentang manfaat media dinilai dengan bobot 20
A. Hasil Lomba
Peserta yang memperoleh penghargaan untuk masing-masing mata pelajaran adalah 6 orang untuk peserta terdiri dari Juara I, II, dan III serta Juara Harapan I, Harapan II, dan Harapan III. Untuk Kabupaten Banyumas peserta yang mengikuti berjumlah 4 orang terdiri dari dua peserta IPA dan 2 peserta IPS, dengan hasil sebagai berikut :
1. Dra. Saptari Darma Wijayanti sebagai Juara II dari kelompok mata pelajaran IPS
2. Aji Sambudi Sebagai Juara II dari kelompok mata pelajaran IPA
B. Penghargaan
Peserta yang meraih kejuaraan menerima penghargaan berupa sertifikat kejuaraan dan hadiah uang tunai sebagai berikut : Juara I menerima sertifikat, laptop, dan uang tunai Rp 8.000.000,00 , Juara II menerima sertifikat dan uang tunai Rp 7.500.000,00 , Juara III menerima sertifikat dan uang tunai Rp 5.500.000,00, Juara Harapan I menerima sertifikat dan uang tunai Rp 3.500.000,00, juara Harapan II menerima sertifikat dan uang tunai Rp 2.000.000,00 dan juara harapan III menerima sertifikat dan uang tunai Rp 1.500.000,00
Selain penghargaan tersebut di atas ada hadiah yang lebih besar lagi yaitu penulis dapat memperoleh pengalaman yang sangat berharga, antara lain : dapat menimba ilmu tentang media dari 35 peserta yang lain, memperoleh kawan baru dari seluruh propinsi di Indonesia, dan menambah motivasi diri untuk selalu berkarya dan berkarya agar dapat meningkatkan kualitas diri dan kualitas pelayanan dalam pembelajaran kepada peserta didik.
KESIMPULAN DAN SARAN
A. Kesimpulan

B. Saran
Sosialisasi lomba masih sangat minim, kurang gencar, dan waktu pemanggilan tahap II terasa mendadak sehingga peserta kurang dapat maksimal dalam mempersiapkan presentasi lomba.