STRATEGI MENINGKATKAN HASIL ULANGAN KENAIKAN KELAS
MATA PELAJARAN IPS DENGAN KUIS & REWARD
PADA KELAS VIII TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Hasil ulangan tengah semester, Ulangan semester gasal, dan Ulangan tengah semester gasal siswa kelas VIII D sampai dengan kelas VIII H pada umumnya lebih rendah dari hasil ulangan harian. Hal ini disebabkan bahan materi yang diujikan dalam ulangan tengah semester dan ulangan semester lebih banyak dan jeda waktu antara pembelajaran dengan evaluasi hasil pembelajaran lebih lama dari pada ulangan harian, serta daya memori siswa pada umumnya kurang kuat.
Atas dasar kondisi tersebut di atas untuk menghadapi ulangan kenaikan kelas, penulis mencoba dengan strategi sebagai berikut:
- Satu minggu menjelang ulangan kenaikan kelas diinformasikan kepada seluruh siswa, bahwa selama satu minggu akan dilaksanakan kuis, untuk itu diharapkan siswa membaca dan mempelajari materi yang akan diujikan
- Bahan materi ulangan kenaikan kelas terdiri dari 8 kompetensi dasar dibagi menjadi 3 untuk tiga kali pertemuan dengan pengaturan 3 KD untuk dua jam tatap muka, dan 2 KD untuk 1 jam tatap muka. Materi diurutkan dari Kompetensi dasar yang pertama sampai dengan kompetensi dasar yang terakhir
- Kuis dilaksanakan secara berkelompok, dimana setiap kelompok terdiri dari 4 siswa. Pembentukan kelompok disesuaikan dengan tempat duduk siswa, yaitu dua meja yang saling berurutan kedudukannya.
- Adapun teknik pelaksanaan kuis adalah sebagai berikut:
- Pada pertemuan sebelumnya guru memberi 2 lembar kerta manila kepada salah satu siswa yang pandai menggambar. Satu lembar sebagai media gambar pohon dan rantingnya, yang akan digunakan untuk menempelkan reward , Dan satu lembar lainnya sebagai buahnya. Potongan gambar buah diberikan sebagai reward bagi kelompok yang dapat menjawab soal dengan benar.
- Guru menyiapkan soal uraian tertutup (isian singkat) dan dan kunci jawaban sebanyak 25 soal untuk setiap pertemuan.
- Guru menyiapkan potongan kertas HVS dengan ukuran 3 x 4 cm sebagai lembar jawab untuk tiap soal, setiap kelompok diberi 25 potong.
- Setiap soal dibacakan, setiap kelompok berembug untuk menjawab dan menuliskannya pada sepotong kertas HVS, dan apabila jawaban siswa benar, siswa langsung menukarkannya dengan potangan gambar buah yang telah disiapkan di meja.
- Sepuluh menit menjelang akhir pembelajaran siswa diminta menempelkan hasilnya pada gambar pohon yang telah ditempel di papan kelas
- Penanaman sikap kejujuran dan sportifitas disepakati oleh seluruh kelompok dalam satu kelas
Strategi yang dilaksanakan untuk menghadapi ulangan kenaikan kelas dengan kuis dan reward ternyata membuahkan hasil yang lumayan, dimana rata-rata kelas VIII D sampai dengan VIII H pada pelaksanaan ulangan tengah semester dan ulangan semester sebelumnya tidak pernah mencapai angka 70. Setelah dilaksanakan kuis dan rewardse, rata-rata kelas perolehan hasil ulangan kenaikan kelas mengalami peningkatan, semua dapat memperoleh rata-rata kelas diatas 70, yaitu rata-rata terendah 72 untuk kelas VIII B dan rata-rata tertinggi 73,39 untuk kelas VIII A.
Setiap upaya yang maksimal, sungguh-sungguh, penuh suka cita dan ketulusan tentu akan membuahkan hasil pula. Kebahagiaan tersendiri akan dapat kita rasakan pula, tidak dapat digantikan dengan uang atau barang yang lain. Kebahagiaan menikmati ekspresi saat anak-anak bersorak ketika jawabannya banar, dan ungkapan penyesalan ketika jawabannya salah. Kesepakatan yang dapat diperoleh bersama anak-anak dari pelaksanaan Kuis dan Reward adalah Buah Lebat Bila Belajar Kuat.